Tips Sederhana Membuat Tempat Cuci Piring Bersih Mengkilap

Tempat Cuci Piring


Di zaman yang penuh kesibukan dan berbagai aktivitas dalam maupun luar rumah seringkali menuntut kita sebisa mungkin melakukan pekerjaan dengan cepat dan efisien sehingga hasil mencapai target yang telah kita rencanakan. Dengan kesibukan yang begitu banyak, kadang kita lupa pada hal-hal sepele yang sebetulnya perlu kita perhatikan baik-baik. Misalnya dalam urusan rumah tangga seperti kebersihan dapur. Salah satu hal penting yang kita bahas di sini yaitu bagaimana agar tempat cuci  piring  tetap terjaga bersih dan mengkilap.

Sebagaimana namanya, tempat cuci piring adalah wadah untuk membersihkan peralatan dapur sehabis makan. Tidak hanya itu, biasanya berbagai bahan makanan seperti daging dan sayuran juga dibersihkan di tempat ini. Akibatnya, tempat cuci piring bisa mengeluarkan bau busuk jika penanganan kebesihannya kurang diperhatikan secara benar.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari hal-hal yang bisa membuat tempat cuci piring kita menjadi sarang kuman dan penyakit, yaitu:

1. Menyuci tempat cuci piring setiap habis digunakan. Ini penting, agar kuman dan kotoran makanan tidak mengendap sehingga menjadikan tempat cuci piring kita terhindar dari bakteri penyakit.

2. Gunakanlah desinfektan, misalnya seperti Sunlight. Sunlight mampu membersihkan lemak dan bakteri yang ada pada tempat cuci piring dengan begitu tempat cuci piring kita lebih bersih dan kesat.

3. Keringkan tempat cuci piring tersebut hingga tak lagi terasa lembab, karena keadaan lembab merupakan potensi bagi berkembangnya jamur dan bakteri.

4. Pasanglah saringan pada lubang saluran air tempat cuci piring tersebut. Saringan ini yang membantu untuk menampung kotoran sisa makanan sekaligus mencegah tempat cuci piring kita dari penyumbatan dan pembusukan pada pipa air.

5. Setelah tugas cucian selesai, jangan lupa untuk membuang berbagai kotoran sisa makanan yang ada pada saringan. Lakukan selalu hal ini agar kuman dan bau tak sedap tidak mneghampiri tempat cuci piring kita.

6. Juga jangan lupa untuk membersihkan keran airnya, karena ketika kita mencuci piring, tentu tangan kita yang lembab dan basah turut bersentuhan dengan keran. Jadi bersihkanlah dan yang paling penting keringkan juga keran tersebut agar tidak ada bakteri dan jamur yang menempel.

7. Langkah terakhir yang paling penting adalah memastikan bahwa tempat cuci piring kita bersih dan kering. Gunakanlah lap untuk mengeringkan keseluruhan tempat cuci piring tersebut sehingga tidak menjadi rumah bagi kuman dan bakteri.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kita praktekkan. Mari terapkan pola hidup bersih dan sehat mulai dari rumah kita. Mulailah dari diri sendiri dan mulailah dari sekarang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.