Cara Aman Mengoperasikan Genset Cadangan

cara aman menggunakan genset di rumah

Genset cadangan dapat menyediakan pasokan listrik darurat. Dengan demikian Anda dapat tetap menyalakan peralatan elektronik yang penting selama mati listrik. Maka dari itu sangat penting untuk memastikan genset terpasang dengan baik dan dapat beroperasi dengan mencegah risiko kesehatan dan keselamatan diri Anda dan keluarga.

Pasang Genset dengan Aman
Sebelum memasang genset cadangan, ikuti seluruh petunjuk dalam dokumentasi tertulis yang diberikan oleh pabriknya. Dokumentasi ini dapat berupa manual pengoperasian dan seluruh kode bangunan lokal. Hal ini penting terutama mengenai penempatan unit tersebut dan koneksi listrik yang aman. Tidak mengikuti  tindakan pencegahan ini dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya, termasuk kemungkinan keracunan karbon monoksida atau tersetrum listrik.

Jangan pernah memasang genset langsung pada sistem listrik rumah tanpa perangkat penyekat yang layak. Suatu saklar yang akan memutuskan rangkaian listrik di rumah dari sumber daya listrik ketika genset sedang beroperasi dan sebaliknya. Hal ini berlaku baik untuk generator portabel maupun generator tetap.

Untuk memasang perangkat penyekat, hubungi tukang listrik yang berkualitas. Kecuali jika jaringan listrik benar-benar tersekat dari rumah. Karena mengoperasikan generator yang terhubung dengan sistem jaringan listrik rumah dapat menyebabkan kebakaran dan menyetrum tukang listrik yang bekerja untuk meperbaiki daya listrik Anda.

Cara Mengoperasikan Generator
Buangan genset cadangan, baik itu genset portabel maupun genset statis, mengandung gas karbon  monoksida tingkat tinggi. Sehingga akan berbahaya jika terhirup. Ikuti langkah-langkah ini dan demi keselamatan Anda dalam mengoperasikan generator.

Baca dan ikuti panduan manual penggunaan genset sebelum mengoperasikan genset
Letakkan genset di luar rumah dan jauh dari jendela, pintu dan saluran udara. Jangan pernah menempatkan genset di dalam rumah
Arahkan buangan udara jauh dari jendela, pintu dan saluran udara
Kangan mengoperasikan genset di ruang yang setengah tertutup, bahkan jika menggunakan kipas angin atau pintu terbuka dan jendela untuk ventilasi.
Pasang detektor karbon monoksida dengan alarm di rumah untuk memastikan Anda waspada akan keberadaan gas karbon monoksida. Hal ini karena karbon monoksida tak dapat tercium dan tidak berwarna.

Bahaya Listrik dan Kebakaran Saat Mengoperasikan Generator
Genset cadangan dapat menyebabkan risiko kejutan listrik dan kesetrum. Apalagi jika dioperasikan dalam kondisi basah. Karena genset harus dioperasikan di luar ruangan, maka penting untuk memberikan perhatian khusus pada cuaca dan kondisi lingkungan untuk mencegah kecelakaan yang berkaitan dengan listrik. Ikuti tips keselamatan berikut ini yang berkaitan dengan listrik.

Operasikan generator pada permukaan kering, dimana tak dapat dijangkau oleh air, jangan ada genangan air di bawahnya

Keringkan tangan sebelum menyentuh genset

Jika harus menggunakan genset dalam kondisi basah, lindungi genset dari lembab, sebagaimana dijelaskan dalam panduan pengguna untuk menghindari kejutan listrik atau bahaya kesetrum. Hal ini dapat dilakukan tanpa mengoperasikan genset di dalam ruangan atau dekat dengan bangunan terbuka demi menghindari bahaya karbon monoksida

Jangan coba untuk memberikan daya pada rangkaian rumah dengan memasang generator pada outlet dinding. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menyetrum pekerja atau tetangga yang dilayani dengan rangkaian yang sama. 
Ketika Menguhubungkan Peralatan Listrik dengan Genset, Ikuti Langkah-langkah ini

Gunakan kabel pemanjang yang mampu menanggung tegangan tinggi dan dirancang khusus untuk penggunaan di luar ruangan

Pastikan tingkat daya untuk setiap kabel melebihi jumlah daya listrik yang perangkat elektronik yang terhubung

Gunakan kabel pemanjang yang cukup panjang untuk memungkinkan genset berada di luar ruangan dan jauh dari jendela, pintu dan saluran udara rumah atau struktur lain.


Demikianlah beberapa langkah keselamatan dalam menggunakan genset. Kini bila sudah tak ragu lagi untuk menggunakan genset sebagai sumber daya listrik cadangan, maka Anda dapat langsung mencari toko yang jual genset sesuai kebutuhan.

Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan menyesuaikan daya listrik genset dengan total daya listrik yang dibutuhkan. Setelah itu Anda bisa mulai membanding-bandingkan harga genset yang terdapat pada toko online.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.