Apa yang Harus Dilakukan dan Disiapkan saat Berada di Alhambra?

Alhambra itu nama istana yang sangat terkenal di Granada, Spanyol. Namanya diambil dari Bahasa Arab, sebab dulu memang pernah disinggahi oleh bangsa Arab. Situs warisan dunia ini sudah tercatat dalam UNESCO sebagai harta karun negara Spanyol. Ketika Anda berniat ke sana maupun sudah sampai di sana, lebih baik simak tips-tips di bawah ini. 

Istana Alhambra

Ketahui Dulu Bangunan yang Ada di Istana Alhambra

Rupanya Alhambra itu bukanlah satu gedung, melainkan gabungan dari bangunan-bangunan lainnya. Ada Istana Nasrid, Alcazaba, dan Generalife. Ketiganya menampakkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Ketiganya tidak bisa dimasuki dengan satu tiket. Itu kalau Anda mau menjelajahi Alhambra secara kompleks.

Rencanakan Liburan ke Alhambra

Rencana ini ada karena Alhambra jadi salah satu tempat wisata terbaik dan terfavorit di dunia. Secara otomatis, para pengunjung yang datang ke sana kelewat banyak. Setiap harinya cuma membatasi jumlah pengunjung sebanyak 6.000 saja. Mumpung belum ke sana, ada baiknya Anda daftarkan dulu travel insurance untuk jaga-jaga.
Bukan hanya per hari. Bahkan per jamnya juga dibatasi, yakni hanya 300 pengunjung saja. Jika Anda memesan tiket untuk liburan musim panas, lebih baik pesan 90 hari sebelum sampai ke sana. Siapa cepat, dia dapat. Pada awal tahun 2018 kemarin, Alhambra merilis prosedur untuk mendapatkan tiket. Katanya lewat travel agent itu lebih bak.

Rencanakan Apa yang Mau Anda Masuki di Alhambra

Untuk masuk ke Alhambra, Anda bisa masuk lewat gerbang utama atau lewat Gerbang Peradilan. Kalau masuk lewat gerbang utama, maka langsung bisa singgah ke Generalife pertama-tama. Baru ke Istana Nasrid dan Alcazaba. Lewat dari Gerbang Peradilan, maka Anda akan melalui rute yang sebaliknya.
Tapi jalan masuk ke Istana Nasrid sangat terbatas. Harus pandai-pandai membidik waktu yang tepat untuk menikmati bagian terbaik dari Alhambra ini. Waktu terbaik untuk singgah ke Nasrid itu pada pagi-pagi hari sekali. Sekitar jam 8.30. Jadi Anda nantinya bisa lebih enjoy ketika jalan-jalan menjelajahinya. Jangan sampai lupakan travel insurance ketika butuh.

Ketika Anda Berada di Granada

Banyak website maupun travel agent yang menawarkan tiket untuk siapa pun, termasuk Anda. Begitu sudah menggenggam tiket, sudah saatnya siapkan hal-hal lainnya. Misalnya sepatu. Pakailah sepatu yang nyaman di kaki. Bukan yang untuk gaya-gayaan saja. Biar ketika banyak kerumunan, Anda tetap bisa jalan-jalan tanpa harus merasakan sakit di kaki.
Durasi terbaik untuk jalan-jalan di Alhambra sekitar 3 sampai 4 jam. Jangan lupa pakai sunscreen atau krim matahari ketika tiba di Granada. Soalnya Spanyol bagian selatan itu sangat panas. Kalau Anda tersesat atau bingung mau ke mana dulu, lebih baik minta nasihat pada orang-orang yang sudah lama di Alhambra. Kamera, tongkat selfie, jangan lupa juga.

Bagaimana Kalau Tiket ke Alhambra Sudah Terjual Habis?

Pasti kabar ini sangat nyesek. Keinginan ke Alhambra yang menggebu-gebu tidak sejalan dengan kenyataannya. Tenang saja. Setiap permasalahan selalu ada solusinya. Biar bisa ke Alhambra, lebih baik lewati tahap tur secara bertahap. Tur semacam ini seringkali diterapkan ketika Anda beli dalam satu paket. Langsung ke Alhambra saja biar bisa lama-lama.
Cara lainnya dengan menggunakan tur pribadi. Tur ini mungkin lebih mahal daripada jalan-jalan ala backpacker. Tapi kemungkinan kehabisan tiket itu sangat kecil. Pergi ke sana dengan kelompok kecil juga bagus. Pihak penjual tiket biasanya lebih memprioritaskan ketika yang beli dalam jumlah banyak. Kalau hanya sendirian, harganya bisa lebih mahal.
Semua musim bagus kok di Alhambra itu. Tapi kalau Anda bertanya tentang musim terbaiknya, maka jawabannya ada pada akhir semusim semi. Tepatnya ketika berada di batas cuaca yang hangat, minim curah hujan, dan tidak seramai ketika musim panas. Pokoknya, apa pun yang terjadi, tetap jaga travel insurance dan gunakan saat benar-benar membutuhkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.