8 Cara Merawat Mesin Genset Agar Awet, Tahan Lama Dan Tidak Mudah Rusak

Di daerah pedesaan yang masih minim pasokan listrik dari PLN, biasanya menggunakan genset sebagai sumber listrik yang dipakai untuk menyalakan berbagai alat elektronik dan juga lampu sebagai penerangan rumah. Generator set atau genset ini memiliki banyak jenis dan tipe, sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan. Genset tidak hanya sering dipakai untuk kebutuhan rumah tangga saja, tetapi juga untuk skala yang lebih besar misalnya untuk pabrik, toko atau penerangan sebuah tempat acara seperti pameran. 

Harga Genset Murah

Mungkin banyak orang yang mengetahui bagaimana cara menghidupkan genset, namun hanya sedikit yang tahu bagaimana cara merawat mesin genset yang benar dan baik. Agar genset tidak mudah rusak dan tetap awet digunakan, lakukan beberapa cara perawatan seperti di bawah ini.

1.       Taruh Ditempat Yang Kering Dan Aman

Saat ini mendapatkan harga genset murah dengan kualitas yang baik, bisa dibilang cukup sulit. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga genset yang ada agar tetap bisa beroeprasi dengan baik ketimbang harus membeli lagi atau mengganti dengan yang baru. Cara perawatan yang pertama untuk membuat genset milik anda tetap awet ialah dengan menempatkan genset di tempat yang kering, aman dan terhindar dari air atau peralatan yang berpotensi mengakibatkan kerusakan bagian komponen mesin genset.

2.       Bersihkan Secara Berkala

Masalah yang sering terjadi pada genset ialah terganggunya kerja bagian mesin akibat adanya kotoran seperti debu atau lainnya, sehingga hal ini dapat membuat genset cepat rusak. Untuk itu, lakukan pembersihan secara berkala, bersihkan bagian-bagian penting pada mesin genset dengan hati-hati.

3.       Cek Spare Part

Pada genset, ada banyak komponen yang terusun seperti bagian alternator, control panel, ventilasi, fuel tank, sound proofing dan lainnya. Jika genset telah digunakan dalam waktu lama,kemungkinan adanya penurunan kualitas bagian dalam mesin genset sangat mungkin terjadi. Biasanya ada beberapa bagian yang aus sehingga kinerjanya tidak lagi optimal. Nah, untuk mengetahui mana saja komponen genset yang telah mulai rusak atau aus, cek secara menyeluruh.

4.       Ganti Bagian Yang Rusak

Apabila menemukan ada bagian genset yang rusak atau sudah terlalu rendah kualitas kinerjanya, sebaiknya ganti dengan yang baru. Jangan membiarkan komponen yang rusak untuk dipaksa tetap digunakan karena ini bisa berakibat pada timbulnya masalah lain. Mengganti komponen mesin jauh lebih baik dan terjangkau daripada harus mengganti dengan genset yang baru, meski harga genset murah bisa anda dapatkan dengan mudah.

5.       Atur Sirkulasi Udara Saat Mesin Dihidupkan

Pada saat menghidupkan genset, terlebih untuk genset yang diletakkan di dalam ruangan dan menghasilkan asap, sebaiknya atur dengan baik sirkulasi udara pada ruangan tersebut. Hal ini tidak hanya untuk kebaikan pengguna tetapi juga agar mesin tidak mudah panas.

6.       Operasikan Genset Pada Orang Yang Tepat

Hindari untuk menyuruh orang yang tidak mengetahui cara mengoperasikan genset untuk menyalakannya karena hal ini sangat berpotensi terjadinya kerusakan. Alih-alih mesin dapat menyala, yang ada malah jadi rusak.

7.       Jangan Menghidupkan Mesin Jika Ada Yang Kurang Beres

Jika sewaktu-waktu terdengar bunyi yang tidak biasa atau dirasa ada yang tidak beres, sebaiknya segera matikan mesin genset. Jangan menghidupkan genset disaat kondisinya tidak stabil. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

8.       Cek Bahan Bakar

Sebelum menyalakan mesin, pastikan terlebih dahulu ketersediaan bahan bakar genset. Jika hampir habis atau dalam keadaan kosong, isi bahan bakar terlebih dahulu hingga penuh. Setelah itu, barulah hidupkan mesin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.