Buah Hati Terkena Cacar Air? Inilah Tips Tepat Mengobatinya!


Cacar Air

Sebagai orang tua pastinya selalu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, sedikit saja melihat anak kesakitan pasti akan merasakan kesedihan. Begitu pula ketika melihat anak terkena cacar air. Ini merupakan salah satu bentuk infeksi yang disebabkan oleh sebuah virus yang cukup membahayakan. Umumnya masyarakat yang mengalami masalah ini ada pada tahap pertumbuhan, seperti usia sebelum 10 tahun. Ketika terkenal jenis infeksi ini, sistem kekebalan tubuh memproduksi protein yang sering disebut dengan antibodi yang dapat melawan virus.

Umumnya orang yang terkena cacar air tidak memerlukan pengobatan khusus dirumah sakit dengan beberapa tahapan. Karena hanya perawatan yang tepat saja dirumah semuanya akan kembali lebih baik. Nah, bagi orang tua yang melihat anaknya mengalami masalah tersebut tentu harus paham cara perawatan seperti apa yang paling tepat. Berikut ini ada beberapa cara mengobati cacar air yang tepat pada anak yaitu:

  1. Mengurangi gatal.
Bintik yang muncul akibat cacar air akan terasa sangat gala sekali, tetapi dalam kasus ini memang sangat dilarang sekali untuk menggaruk karena dapat menyebabkan infeksi kulit yang semakin parah, bekas luka dan menjadikan bintik baru dari air yang keluar tersebut. Cara yang dapat dilakukan untuk hal ini adalah mengompres air dingin, atau untuk lebih amannya orang tua bisa diskusi dengan dokter ahli terlebih dahulu.

  1. Menurunkan suhu.
Demam yang tinggi merupakan salah satu respon tubuh normal terhadap infeksi sebagai pembunuh bakteri serta virus yang menjadikan sakit. Untuk hal ini memang bisa diperkenankan menggunakan jenis obat apa saja, tetapi asalkan tetap menggunakan petunjuk dari kemasan secara seksama.

  1. Cegah penyebaran infeksi.
Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mudah sekali menyebar, ini umumnya terkena akibat kontak secara langsung dengan penderita. Jika anak sedang terkena cacar air, lebih baik untuk hindari terlebih dahulu dari lingkungan. Begitu juga sebaliknya ketika orang lain terkena cacar air lebih baik cegah dengan batasan bermain.

  1. Gunakan obat pereda sakit.
Banyak sekali jenis obat yang memang dapat digunakan untuk meredakan sakit, ini tentu saja berikan kepada anak setelah Anda konsultasi dengan dokter. Karena pada anak akan berhubungan dengan tingkat kesensitifan kulit dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah beberapa hal yang masih sering sekali tidak dipahami oleh para orang tua ketika anak terkena cacar air. Pada awalnya memang harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, tetapi setelah itu bisa langsung dengan perawatan sendiri dirumah. Jangan sampai ketidaknyamanan anak akan masalah tersebut membuat orang tua kebingungan karena kurang paham caranya merawat. Sekian, semoga dapat menjadi gambaran seperti apa pertolongan saat buah hati terserang cacar air.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.