Biar Gak Keliru, Kamu Wajib Tahu Perbedaan antara Smartwatch dan Smartband!

Smartwatch
Sumber : okezone.com
Di era digital yang semakin berkembang pesat setiap tahunnya, maka tidak heran lagi jika beragam jenis gadget kian menjamur di pasaran teknologi. Mulai dari smartphone, laptop, konsol game sampai jam tangan pintar atau biasa disebut dengan smartwatch. Saat ini banyak orang yang beranggapan bahwa memiliki barang di atas adalah suatu impian karena memiliki fungsi dan fiturnya masing-masing. 

Soal harganya pun bervariasi lho, ada yang dibanderol dengan harga jutaan sampai ratusan ribu tergantung dari merk dan fitur yang ada pada gadget tersebut. Sebut saja smartwatch dan smartband yang saat ini juga menjadi salah satu gadget yang diincar banyak orang karena memiliki fungsi yang praktis. 

Meski memiliki bentuk yang hampir sama, nyatanya smartwatch dan smartband memiliki fungsi dan jenis yang berbeda, lho. Nah, biar kamu gak keliru lagi dalam menyebut smartwatch dan smartband, berikut ini beberapa perbedaan antara smartwatch dan smartband yang nggak banyak orang tahu. 

1. Memiliki desain yang berbeda 

Sumber : jalantikus.com
Salah satu yang membuat banyak orang salah kaprah antara smartwatch dan smartband adalah dari segi desainnya. Padahal, kedua perangkat wearable ini memiliki desain yang jelas berbeda lho, guys. Jika diperhatikan secara lebih detail, smartwatch memiliki desain dan ukuran yang sama dengan jam tangan pada umumnya. Selain itu, smartwatch juga dibekali dengan dua pilihan display, yaitu digital dan analog sehingga terlihat lebih modern.

Sedangkan smartband didesain dengan bentuk yang lebih kecil dan bobotnya ringan seperti gelang. Smartband juga memiliki display yang berbentuk persegi panjang dengan layarnya yang menyesuaikan strap karet pada smartband itu sendiri.

2. Smartwatch memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding smartband

Fitur Smartwatch
Sumber : idntimes.com
Kemudian perbedaan yang paling menonjol antara smartwatch dan smartband adalah terlihat pada fiturnya. Umumnya, smartband memiliki fitur basic yang cocok untuk menemagi kegiatanmu sehari-hari. Salah satu fitur yang ada pada smartband yaitu fitnes tracking, notifikasi yang bisa tersambung dengan smartphone dan alarm. 

Sedangkan smartwatch biasanya dibekali dengan fitur-fitur yang lebih canggih dan komplit. Misalnya saja salah fitur yang ada pada smartwatch dari Samsung Gear series S2 dengan teknologi layar sentuh, melacak keberadaan, fitur kesehatan dan bisa mendengarkan lagu melalui aplikasi.  

3. Memiliki selisih harga yang cukup jauh berbeda 

Harga Smarwatch Apple
Sumber : pinterest.com

Perbedaan lain antara dua perangkat wearable ini tentu saja pada selisih harga yang jauh berbeda. Jika kamu biasanya menemukan harga smartband yang dibanderol dengan harga Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribuan di berbagai toko online. Maka berbeda untuk smartwatch yang memiliki harga lebih mahal. Sebut saja harga Apple watch yang dibanderol sekitar Rp 2 jutaan hingga Rp 5 juta. Sangat jauh bukan? 

Adanya perbedaan harga yang cukup signifikan itu dikarenakan banyaknya perbedaan fitur yang cukup mencolok, sehingga harga dan kualitas pun tidak bisa berbohong. 

4. Smartwatch terlihat lebih premium dibanding dengan smartband 

Tanpa dilihat dengan seksama, smartwatch memang memiliki desain yang lebih stylish dan fitur yang lebih lengkap dibanding dengan smartband. Jadi, nggak heran lagi jika dengan memiliki smartwatch akan memberikan nilai prestige dan premium untuk para penggunanya. Selain itu, smartwatch juga dibekali dengan material yang lebih berkualitas, karena harga smartwatch memang dibanderol dengan harga lebih mahal

Well, itulah beberapa perbedaan kecil yang harus kamu tahu antara smartwatch dan smartband. Meskipun memiliki perbedaan, tetapi kedua perangkat wearable ini memang sangat membantu aktivitas sehari-hari, ya. 

Posting Komentar

0 Komentar