Tidak Hanya Untuk Meningkatkan Imun, Berikut 5 Khasiat Habbatussauda Oil

Manfaat Habbatusauda


Jintan hitam atau yang lebih populer dengan nama habbatussauda adalah obat herbal yang sudah dipercaya khasiatnya oleh banyak orang. Obat herbal yang bisa anda beli di  blibli.com ini diyakini dapat meningkatkan daya tahan (imun) tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Ternyata, habbatussauda oil ini juga memiliki banyak manfaat lainnya. Penasaran? Yuk simak ulasannya!

5 Manfaat Lain dari Minyak Habbatussauda

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Jintan hitam memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, seperti kalsium, asam linoleat, karbohidrat, natrium, protein, dan masih banyak lagi. berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa jintan hitam dapat menjadi obat atau pencegah bagi segala penyakit. Salah satunya dapat menjaga kadar gula di dalam darah.

Kadar gula darah yang tinggi merupakan gejala dari penyakit diabetes yang jika tidak diobati akan semakin parah. Kerusakan saraf, lambatnya penyembuhan luka, dan gangguan penglihatan adalah beberapa kondisi yang akan terjadi jika diabetes dibiarkan saja. Pada sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi jintan hitam dapat mengurangi kadar gula darah untuk diabetes.

2. Memiliki Efek Antiradang

Manfaat lain dari habbatussauda oil adalah efek antiradang yang dimilikinya. Hal ini dibuktikan oleh konsumsi jintan pada penderita sakit asma selama 3 bulan dan hasilnya menunjukkan bahwa jintan hitam dapat mengurangi keparahan dan intensitas serangan penyakit asma. Kondisi ini disebabkan oleh efek antiradang yang dimiliki oleh jintan hitam.

Tidak hanya pada penyakit asma, obat herbal yang satu ini juga ampuh dalam mengatasi penyakit yang disebabkan oleh peradangan. Alergi, radang, sendi, dan sinusitis juga bisa diatasi dengan konsumsi jintan hitam. Oleh karena itu, obat herbal ini sering menjadi pilihan bagi penderita peradangan.

3. Mengobati Kolesterol Tinggi

Adanya kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh dan dengan catatan dalam takaran yang seimbang. Jika jumlahnya berlebihan, justru dapat meningkatkan resiko terjadinya berbagai macam penyakit seperti jantung dan stroke. Beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa konsumsi jintan hitam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida.

4. Mencegah Kanker

Manfaat luar biasa lainnya dari habbatussauda oil adalah kemampuannya dalam mencegah terjadinya kanker. terdapat senyawa yang disebut dengan thymoquinone di dalam biji jintan hitam yang memiliki efek antikanker. Beberapa penelitian melakukan uji coba terhadap hewan dan terbukti dapat mengurangi ukuran tumor ganas.

Tidak hanya itu, uji laboratorium lainnya juga menunjukkan bahwa senyawa di dalam jintan hitam tersebut efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Tidak heran jika obat herbal ini kerap digunakan untuk obat pendamping penyakit-penyakit serius, seperti kanker karena khasiatnya memang sudah tidak diragukan lagi.

5. Dapat Melancarkan ASI

Selain berbagai manfaatnya untuk mengobati atau mencegah penyakit, jintan hitam juga sering digunakan sebagai makanan pelancar ASI. Obat herbal ini juga sering dijumpai dalam bentuk suplemen booster ASI bersama alfalfa dan fenugreek. Hal ini menunjukkan bahwa habbatussauda memiliki manfaat untuk melancarkan ASI.

Meski begitu, penelitian seputar khasiat dari habbatussauda oil ini masih dalam skala kecil. Artinya, dibutuhkan penelitian yang berkelanjutan untuk membuktikan apakah jintan hitam ini ampuh digunakan sebagai obat. Hanya saja, sebagian besar orang yang pernah mengonsumsinya merasakan bahwa ada khasiat luar biasa di dalam jintan hitam.

Itulah sederet khasiat yang dimiliki oleh jintan hitam sebagai obat herbal yang dipercaya dapat mengatasi dan mencegah banyak penyakit. Meski belum bisa dikatakan sebagai obat yang bisa menyembuhkan, namun khasiat yang dimilikinya terbukti dapat mencegah kondisi yang lebih buruk.


Posting Komentar

0 Komentar