Tugas Yang Diemban Malikat Munkar dan Nakir

 

Tugas Malaikat

Malaikat adalah makhluk yang sanggat suci dan tak pernah lalai dalam tugasnya serta sangat tatat dan patuh terhadap perintah Allah SWT. Malaikat diciptakan dari cahaya atau nur. Malaikat diciptakan tanpa rasa angkuh atau kesombongan.

Semua malaikat diciptakan untuk beriman hanya ke pada Allah. Terdapat sepuluh malaikat yang wajib dipercaya oleh umat Islam. Para malaikat ini menjalankan tugas yang berbeda dari Allah SWT. Dua diantara kesepuluh malaikat tersebut bertugas untuk menjaga kubur dan menanyai manusia dia alam kubur kelak. 

Kedua malaikat tersebut adalah malaikat Munkar dan Nakir. Tugas malaikat Munkar dan Nakir dalah bertanya ke pada manusia perihal keimanan yang dimiliki manusia semasa hidup di dunia. Berikut penjelasan mengenai ke dua malaikat Allah ini. 

Sosok Malaikat Munkar dan Nakir

Rasulullah SAW pernah bersabda dengan berkata bahwa setiap roh yang telah dikuburkan akan bertemu dengan dua malaikat hitam dan biru. Malaikat Mungkar dan Nakir merupakan sosok yang keras, kasar berwarna hitam kebiruan. Memiliki suara yang mirip dengan petir.

Matanya menyala-nyala bagi api.  Giginya runcing seperti tombak. Rambutnya terseret di atas tanah. Apda kedua tangannya terdapat palu yang meski seluruh manusia dan jin berkumpul tidak akan mampu untuk mengangkatnya. 

Tugas Malaikat Munkar dan Nakir

Tugas malaikat Munkar dan Nakir adalah bertanya mengenai beberapa hal ke pada roh yang telah berada di alam kubur. Kedua malaikat tersebut akan bertanya sesaat setelah proses penguburan telah selesai dan orang terakhir yang meninggalkan kuburan telah melangkah sejauh 70 langkah. Pendapat lain mengatakan 40 langkah orang terakhir. 

Malaikat Munkar dan malaikat Nakir akan menanyakan pertanyaan yakni mengenai siapa tuhanmu?, Siapa Nabimu? Apa agamamu?. Jika roh menjawab dengan Allah, Muhammad dan Islam, niscaya kuburnya akan dilapangkan dan diterangkan hingga hari kebangkitan tiba. Namun, jika tidak bis amenjawab pertanyaan tersebut akan mendapat siksaan hingga hari kebangkitan.

Bukan keinginan roh semata yang akan menjawab pertanyaan tersebut, melainkan amal dan perbuatannya selama hidup di dunia. Pertanyaan ini akan disampaikan dalam bahasa Arab dan ruh tersebut akan menjawab pula dengan bahasa yang sama. Total terdapat tujuh pertanyaan selain tiga pertanyaan sebelumnya. 

Secara lebih spesifik tugas malaikat Munkar dan Nakir berbeda yakni malaikat Munkar akan menanyakan keburukan yang pernah dilakukan oleh manusia semasa hidupnya di dunia. Sedangkan malaikat Nakir akan menanyakan tentang kebaikan yang telah dilakuakan manusia semasa hidup. 

Itulah sosok malaikat penjaga kubur serta tugas malaikat Munkar dan Nakir yang diyakini oleh umat Islam. Semoga keimanan anda setiap harinya semakin bertambah dan menjalankan syariat agama Islam dan menjauhi larangan-Nya.

Posting Komentar

0 Komentar