Apple Luncurkan iPhone XR di Akhir Tahun Ini!


iPhone XR Shopee

(Sumber gambar: Shopee)

Apple kembali mengeluarkan smartphone seri terbarunya yaitu iPhone XR pada tanggal 26 Oktober ini. Meski peluncurannya hanya selang beberapa bulan dari iPhone XS, iPhone XR mendapat banyak respon positif baik dari para konsumen. Sebenarnya, iPhone XR memiliki chipset dan spesifikasi kamera yang sama persis dengan seri XS. Lalu, apa sih yang membuat iPhone XR lebih unggul dibandingkan seri-seri sebelumnya? Tanpa panjang lebar, yuk simak review berikut ini:

Kelebihan iPhone XR

Meski memiliki banyak kesamaan, ada banyak faktor yang membuat iPhone XR tetap lebih unggul dibandingkan dengan seri sebelumnya. Salah satunya adalah layar LCD-nya yang cukup luas yaitu 6.1 inci dibandingkan iPhone XS dengan layar 5.8 inci. Selain itu, iPhone XR juga ditunjang dengan kapasitas yang mampu bertahan hingga 16 jam atau lebih lama 1 jam dari seri iPhone sebelumnya. Nggak heran jika, iPhone XR sering disebut-sebut sebagai seri terbaik Apple saat ini!

Nah, buat kamu yang bosan dengan desain iPhone yang begitu-begitu saja, kali ini Apple menawarkan banyak pilihan warna untuk produk iPhone XR. Yup, warna produk yang dikeluarkan sama dengan iPhone 5C.

Last but not least, harga iPhone XR akan dibuka pada kisaran $749 hingga $899 untuk tipe 256GB. Kisaran harga tersebut memang tidak tergolong murah. Namun, untuk ukuran produk Apple harga ini masih terbilang masuk akal. Mengingat harga awal iPhone XS dibuka mulai dari $999 (64GB) hingga $1,349 (512GB). Sedangkan iPhone XS Max seharga $1,099 (64GB) dan $1,449 (512GB).

Kekurangan iPhone XR

Smartphone secanggih apapun pasti punya kekurangan. Tak lepas juga iPhone XR. Nah, yang menjadi salah satu kekurangan dari iPhone XR adalah resolusi layarnya yang rendah. LCD pada iPhone XR rasanya masih berada jauh dibawah XS yang memiliki layar OLED. Kekurangan ini sebenarnya sangatlah disayangkan, mengingat tahun lalu Apple mampu mengeluarkan produk iPhone 8 Plus yang ditunjang dengan layar LCD beresolusi 1.920 x 1.080 px, 401 ppi. Sedangkan XR memiliki resolusi hanya 1.792 x 828 px, 326 ppi. Tentunya perbandingan yang cukup jauh ini dapat membuat resolusi iPhone XR terlihat sangat jomplang dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya.

Selain itu, banyak yang mengharapkan iPhone memberi peningkatan signifikan pada fitur kameranya. Nyatanya, iPhone XR hanya dibekali dengan kamera belakang 12MP. Terkait hal tersebut, spekulasi dual rear camera yang berfungsi untuk mengambil gambar dalam Potrait Mode layaknya kamera DSLR pun mulai bermunculan. Sayangnya, Apple mengonfirmasi bahwa  XR hanya akan ditunjang dengan kamera single software-based Potrait Mode. Jadi bisa dikatakan iPhone XR memiliki kamera yang tidak jauh berbeda dengan smartphone seri terbaru  Nokia 8.1 (13MP) yang akan launching akhir tahun ini. Padahal harganya pasti akan beda jauh ya, guys!

Tak berhenti sampai situ XR juga tidak memiliki Gigabit LTE, melainkan hanya Advanced LTE yang juga ada pada iPhone 8, 8 Plus, dan X. Sebenarnya performa tersebut masih cukup cepat sih, tapi tetap berada di bawah iPhone XS. Kalau dari segi desain, smartphone keluaran Apple ini dibungkus dengan aluminium bukan dari baja seperti seri-seri sebelumnya. Namun, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, XR menebus kekurang tersebut dengan menyediakan banyak pilihan warna smartphone.

Nah, buat kamu yang senang main pantai, hati-hati karena iPhone XR hanya mampu bertahan di kedalaman air 1 meter sedangkan XS mampu bertahan sejauh 2 meter. Hmm, kenapa tidak dibikin sama dengan seri sebelumnya, ya.

Jadi, apakah kamu tertarik beli iPhone XR ketika keluar nanti? Well, terlepas dari segala kekurangannya, kami sangat merekomendasikan smartphone Apple terbaru ini. Mengingat kekurangan pada iPhone XR masih terbilang minor dan dapat ditolerir. Selain itu, fitur unggulan yang disajikan pun cukup menarik dan yang paling penting lebih murah jika dibandingkan dengan harga dari seri-seri sebelumnya. Bagaimana menurut kamu? Jangan ragu untuk bagikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.