Kelebihan Dan Kelamahan Printer Kaos DTG

Indonesia saat ini senang akan usaha atau membuka usaha. Masyarakat menyadari bahwa membuka usaha memang melelahkan dan beresiko. Bahkan bisa menghilangkan banyak sekali material pribadi untuk bisa mengembangkan usaha dengan baik. Namu sayangnya, masih banyak yang belum tahu dan belum bisa mengarahkan usaha dengan baik. 

Memang tidak bisa langsung berhasil namun setidaknya sudah bisa mengambil langkah besar maka akan membantu keberhasilan anda. Resiko dan keuntungan dalam usaha sangatlah tipis bedanya. Nah berbicara soal usaha anda bisa berbicara mengenai print kaos yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia khususnya di perkotaan. 

Print Kaos DTG

Peluang datang karena banyaknya organisasi,acara yang menggunakan lambang acara dengan kaos ataupun kegiatan dengan menggunakan kaos yang berlogo atau berdesain sangat bagus yang bisa tercetak dengan baik di kaos tersebut. Teknik print kaos inipun berbeda-beda mulai dari teknik manual, teknik printing yang dibantu dengan mesin sampai teknik yang disebut DTG atau Direct to Management. 

Tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui sablon DTG itu? Kenapa harus sablon DTG? Nah, inilah yang akan kami bahas di artikel kali ini. 

Sablon DTG atau Direct to Garment
DTG merupakan singkatan teknik pembuatan sablon kaos dan kepanjangan dari “Direct To Garment”. Sablon DTG merupakan salah satu teknik cetak dengan bantuan mesin otomatis atau mesin yang berteknologi tinggi dengan menggunakan tinta langsung ke kain (garmen) dengan proses treatment dan diakhiri dengan proses yang disebut sebagai heatpress. 

Hasil print memang akan tercetak cukup bagus serta halus dibandingkan dengan yang lainnya. Warna yang dihasilkanpun akan cerah, sehingga hasil print tidak akan mudah luntur karena memakai tinta yang khusus untuk garment. Sehingga DTG ini mempermudah kerja dari pemilik atau yang membuka usaha sablon. Menyenangkan bukan ? 

Kelebihan dan Kelemahan Printer DTG
Dari semua yang dijelaskan disebut mesin cetak atau printer DTG yang memiliki kelebihan dan kelemahannya. Apa saja ?

Kelebihan Printer DTG 
Adapun kelebihan dari printer khusus untuk cetak sablon DTG adalah :
1. Printer DTG merupakan salah satu mesin cetak khusus desain yang dibuat untuk sablon kaos yang tidak ada tandingan atau serupa dengan mesin lain. Karena tinta yang digunakan adalah tinta khusus textile tentu jika mesin biasa yang menjalankan akan rusak. Namun berbeda dengan printer DTG.
2. Printer DTG ini merupakan salah satu printer yang bisa mengaplikasikan banyak warna dan mencetak desain yang rumit. Mesin ini cukup menerima perintah complex atau rumit dan anda bisa menggunakannya untuk jenis konsep gambar yang sulit.
3. Printer DTG akan membantu mencetak desain anda dengan jelas dan juga tidak ada yang samar atau tidak merata.

Kelemahan Printer DTG 

1. Harganya sangatlah mahal dan sulit untuk didapatkan, anda tentu tahu bahwa harga dari mesin usaha seperti ini tidak bisa didapatkan sembarangan dan dimana saja. Sehingga saat anda mendapatkannya rawat dengan baik atau anda harus membeli yang baru.
2. Sulit untuk memperbaikinya karena mesin sablon DTG bukan elektronik biasa yang bisa di reparasi.
3. Printer DTG ini benar-benar hanya bisa digunakan untuk mencetak desain atau gambar khusus untuk sablon kaos saja. Selain itu lebarnya tidak terlalu besar tidak seperti anda melakukan cetak manual. Karena alasan inilah banyak juga yang memutuskan untuk menggunakan sistem manual saja dibanding menggunakan printer DTG ini. 

Itulah pembahasan lengkap mengenai printer DTG dan juga kelebihan serta kekurangannya. Masing-masing teknik dan mesin memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sehingga anda bisa  menyesuaikan sesuai kebutuhan dan juga selera. Biasanya untuk UKM baru mungkin anda akan kesulitan membeli mesin DTG ini sehingga jangan memaksakan beban atau modal usaha untuk membeli mesin yang mahal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.