Peran Penting Bakteri Lactobacillus bagi Kesehatan Anak

Daya Tahan Anak

Bakteri Lactobacillus merupakan salah satu jenis bakteri yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Karena memiliki manfaat, bakteri ini dikategorikan sebagai jenis bakteri baik. Ada beberapa jenis bakteri Lactobacillus yaitu Lactobacillus casei, Lactobacillus bulgaricus, dan lain sebagainya. Bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh lewat beberapa jenis makanan seperti susu dan yoghurt.

Tubuh anak membutuhkan asupan nutrisi yang maksimal agar bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai tahap usianya. Perlu diketahui juga bahwa ada peran bakteri baik dalam tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan anak. Ada beberapa jenis bakteri baik yang bisa memberikan manfaat dan salah satunya adalah bakteri Lactobacillus.

Tak hanya memberikan makanan penuh gizi seperti sayur, buah, dan lauk pauk yang sehat, orang tua juga perlu memberikan bahan makanan maupun minuman yang mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus. Tapi, sebenarnya apa saja manfaat dari bakteri Lactobacillus bagi kesehatan tubuh anak?

Peran Bakteri Lactobacillus
Tak diragukan lagi, semua orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Terutama jika menyangkut kesehatan anak, orang tua pasti berusaha memberikan semua yang terbaik agar anak selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi kita tahu bahwa kesehatan anak-anak sangat rentan mengalami gangguan.

Tubuh anak-anak yang masih rentan membutuhkan peran bakteri Lactobacillus. Bakteri Lactobacillus bukanlah sekedar sembarang bakteri. Meskipun namanya bakteri, namun Lactobacillus memiliki peran penting di dalam tubuh. Berikut adalah beberapa peran penting bakteri Lactobacillus bagi kesehatan tubuh anak :

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Bakteri Lactobacillus membantu memperkuat daya tahan tubuh anak. Seperti kita tahu bahwa tubuh anak rentan terkena penyakit. Jika daya tahan tubuh anak tidak kuat maka mereka akan sangat mudah jatuh sakit. Bakteri Lactobacillus memperkuat daya tahan tubuh dengan menjaga sistem pencernaan anak.

Kesehatan tubuh anak sangat dipengaruhi oleh kondisi pencernaannya. Jika kondisi pencernaan sehat maka daya tahan tubuh anak juga akan kuat. Bakteri Lactobacillus memproduksi asam laktat dan asam asetat yang menyebabkan bakteri patogen kesulitan untuk berkembang biak karena suasana sistem pencernaan dalam kondisi asam.

2. Mencegah Diare
Bakteri Lactobacillus bisa melindungi tubuh anak dari penyakit diare. Diare merupakan salah satu jenis gangguan pencernaan yang sering dialami oleh anak-anak. Bakteri Lactobacillus diketahui bisa membunuh bakteri yang menyebabkan diare. 

Selain mencegah diare, bakteri Lactobacillus juga bisa menjaga saluran pencernaan tubuh anak terhindar dari infeksi. Bakteri Lactobacillus diketahui bisa membuat jumlah sel T meningkat yang artinya akan meningkatkan sistem daya tahan tubuh anak. Jadi, gangguan pencernaan seperti diare maupun infeksi saluran pencernaan bisa dicegah berkat adanya bakteri Lactobacillus.

3. Meningkatkan Kesehatan Hati
Bakteri Lactobacillus tidak hanya bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan namun juga kesehatan organ hati. Hati memiliki tugas penting untuk menghasilkan asam empedu yang berfungsi untuk melakukan metabolisme lemak yang masuk di dalam tubuh. Dalam menjalankan fungsinya, hati bisa mengalami gangguan atau infeksi.

Organ hati bisa mengalami kerusakan dan jika terjadi kerusakan maka bisa berakibat fatal pada kondisi kesehatan tubuh. Bakteri Lactobacillus diketahui bisa menurunkan resiko kerusakan sel-sel yang ada di organ hati. 

Itulah tadi peran penting bakteri Lactobacillus bagi kesehatan tubuh anak. Jika anda ingin anak selalu tumbuh dengan sehat dan kuat, maka pastikan anak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri Lactobacillus. Berikan susu dan yoghurt kepada anak sebagai sumber bakteri Lactobacillus terbaik bagi tubuh mereka.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.