Faktor Penyebab Motor Matic Mati Mendadak

motor matic

Pengguna motor matic sering kali mengelihkan motornya mati mendadak, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, seperti yang pemimpin.net kutip dari liputan6 berikut.
Seorang pengguna Honda BeAT model 2014 mengalami keluhan. Ya, motor matik 110 cc miliknya itu sering kali mati mendadak mesinnya, kemudian untuk menghidupkannya kembali perlu waktu. Lantas apa penyebabnya.

Menurut Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati ada sejumlah hal yang membuat mesin Honda BeAT mati mendadak.

Pertama, kata Venus, penyetelan putaran mesin terlalu rendah atau di bawah standar. Idealnya, putaran mesin di Honda BeAT berada di 1.700 +/- 100. Sehingga bila mesin akan mudah mati bila putarannya lebih rendah.

Selain itu, tekanan pada pompa bahan bakar juga bisa menyebabkan mesin mati. Terlebih bila tekanannya tak sesuai dengan standar yakni 294 kilopascal (kPa).

Tak luput busi yang sudah kotor dan melebihi batas waktu pemakaian juga bisa membuat mesin mati mendadak. Disarankan untuk mengganti busi apabila telah digunakan 8.000 km.

"Bisa juga terjadi karena adanya kerak karbon (sisa hasil pembakaran bahan bakar) yang mengganjal di sisi payung valve sehingga mengakibatnya kompresi bocor dan hal ini mengakibatkan mesin mati," tutur Venus.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.