Terungkap! 4 Hal yang Membuat Mobil Jadi Hemat Bahan Bakar

asuransi mobil

Untuk melindungi mobil dari berbagai risiko tak terduga, kita pasti tak ragu memilihkan asuransi mobil terbaik. Karena asuransi mobil yang lengkap akan memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan, kerusakan akibat bencana alam, bahkan risiko pencurian. Namun selain asuransi mobil, ada hal lain yang tak kalah penting yang itu penghematan bahan bakar.

Ternyata performa mobil yang hemat bahan bakar tidak hanya ditentukan oleh teknologi terkini saja. Lebih dari itu, 4 hal berikut ini juga bisa membuat mobil kita jadi hemat bahan bakar :

Jenis Bahan Bakar yang Sesuai Kebutuhan Mobil
Kita harus menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Jika mobil hanya membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan 92, maka kita memang harus menggunakan bahan bakar tersebut. Karena menggunakan bahan bakar yang oktannya lebih rendah akan membuat mesin tidak bekerja secara maksimal. Sementara nilai oktan yang terlalu tinggi juga bisa membuat bahan bakar tidak terpakai sempurna dan akan keluar sebagian berupa zat residu knalpot.

Tekanan Ban yang Harus Selalu Optimal
Ban mobil yang tekanan udaranya berkurang pasti akan memperberat kinerja mesin. Karena ban tersebut harus menopang beban mobil dan membuat mesin pun turut bekerja keras. Untuk mencegah pemborosan bahan bakar mobil akibat kurangnya tekanan ban, sebaiknya kita memeriksa tekanan ban secara berkala. Tekanan ban yang terlalu besar juga tidak disarankan karena bisa mengganggu keseimbangan mobil ketika dikendarai.

Kelebihan Muatan Dapat Mengganggu Kinerja Mobil
Kelebihan muatan pada mobil juga bisa memicu mesin untuk bekerja lebih keras. Akibatnya, proses pembakaran bahan bakar akan menjadi lebih boros dari biasanya. Alangkah lebih baik jika kita sudah memahami kapasitas muatan mobil. Agar performa mobil tetap prima tanpa risiko kelebihan muatan.

Servis Mobil Secara Teratur
Proses servis mobil secara teratur akan mendukung deteksi kerusakan mobil sedini mungkin. Maka peluang penurunan performa mobil yang berpengaruh pada penggunaan bahan bakar pun bisa diminimalkan. Biasanya servis mobil mencakup proses ganti oli, balancing dan spooring, serta sejumlah uji kelayakan lainnya.

Ada orang yang lebih peduli terhadap performa mesin mobil dan ada pula yang lebih mengutamakan asuransi mobil. Jika selama ini kita sudah merawat mobil secara teratur dan baik, berarti kini saatnya kita melengkapi perawatan tersebut dengan pilihan asuransi terbaik. Dapatkan daftar asuransi mobil terbaik saat ini di Futuready. Memilih asuransi mobil memang semakin praktis dan lancar sejak Futuready hadir sebagai solusinya. Futuready memberikan kemudahan untuk kita dalam membandingkan merek asuransi mobil dari brand terkenal saat ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.