Makan Pisang Tiap Hari Turunkan Darah Tinggi

Pisang Turunkan Darah Tinggi

Kesehatan -  Para ilmuwan meyakini mengonsumsi pisang, ubi, dan bayam setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan mineral, kalium, serta potasium pada makanan tersebut bahkan bisa menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh.

Dalam studi baru yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism ini, para ahli kesehatan merekomendasikan orang dewasa mengonsumsi 11 buah pisang setiap hari yang masing-masing berisi rata-rata gizi 420 mg.

Dr Alicia McDonough dari University of Southern California yang melakukan peninjauan tekanan darah dan kebiasaan diet mengatakan, makanan tinggi kalium secara efektif mampu menurunkan asupan natrium.

"Bukti menunjukkan, diet kalium yang tinggi akan mempengaruhi ginjal mengeluarkan lebih banyak garam dan air yang meningkatkan ekskresi kalium," katanya, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (7/4/2017).

Alicia menuturkan, hipertensi biasanya tidak memiliki gejala khusus. Namun kondisi ini mempengaruhi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Ratusan ribu orang di antaranya mengonsumsi obat untuk mengontrol tekanan darah. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, hipertensi bertanggung jawab atas setidaknya 51 persen kematian akibat stroke dan 45 persen penyakit jantung.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.