Cara Tetap Sehat dan Langsing Saat Momentum Idul Adha

Tetap Sehat Idul Adha

Tak terasa hari raya Idhul Adha sudah di depan mata. Padahal rasa – rasanya baru kemarin kita merayakan hari raya Idul Fitri. Demikian cepat waktu berlalu. Tahu – tahu hari raya Idhul Adha tinggal menghitung hari, ini artinya kita sudah harus mempersiapkan hewan qurban untuk disembelih ketika Idhul Adha nanti. Sebab di dalam hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban ini terdapat banyak hikmah qurban di dalamnya.

Oia, momentum Idul Adha ini juga bisa dijadikan sebagai momen berkumpul dengan keluarga besar atau berbagi pada sesama. Berkumpul dengan keluarga tidak akan lengkap tanpa menyantap hidangan yang lezat. Ya, bersiaplah untuk berperang dengan daging dan lemak ya. Bayang – bayang tubuh melar pun semakin kentara ketika makanan olahan daging qurban sudah siap disantap. Tak perlu khawatir, cara di bawah ini bisa bantu kita agar tetap langsing dan sehat meskipun sering makan makanan olahan daging qurban.

Makan dengan Porsi Kecil
Ingat, kita bisa menikmati makanan yang lezat tapi kita juga harus selalu tegas pada diri sendiri. Jadi, supaya tubuh tidak semakin melebar karena banyak makan, sebaiknya kita makan dengan porsi kecil. Siasati dengan selalu menggunakan piring kecil saat makan. Ini akan membantu kita untuk tidak makan terlalu banyak.

Pilih yang Rendah Lemak
Daging memiliki banyak kandungan lemak, tapi ada bagian tertentu yang rendah lemak. Seperti halnya daging pada bagian paha. Tapi karena daging yang dimiliki bukan hanya bagian paha saja, ada baiknya kita menghilangkan atau menurunkan lemak dari daging tersebut dengan cara merebusnya. Buang air rebusan dan ganti dengan air yang baru untuk memasaknya kembali. Cara amannya, kita bisa mengonsumsi daging yang dipanggang atau direbus. Selain lebih sehat, lemak di dalam daging pun menjadi rendah.

Minum Air Putih
Air putih ini sifatnya mudah membuat kenyang. Cocok untuk kita yang ingin tetap langsing dan sehat saat menikmati momentum Idul Adha. Air putih akan membantu menjaga kalori supaya tetap normal. Sebaiknya lupakan hasrat untuk minum – minuman manis apabila tidak ingin tubuh semakin gemuk.

Lakukan Aktivitas Fisik
Jangan hanya memikirkan rasa gulai kambing yang enak ya. Pikirkan pula kesehatan dan berat badan kita. Untuk itu rutinlah melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Bertubuh gemuk atau kurus, kita harus tetap berolahraga. Apalagi jika kita termasuk orang yang kurang percaya diri ketika berat badan melebihi berat badan ideal, maka olahraga bisa menjadi solusinya. Boleh – boleh saja banyak makan, asalkan kita tidak lupa berolahraga setelahnya.

Demikian tadi beberapa cara mudah menjaga berat badan ideal saat momentum Idul Adha. Jangan sampai kita enggan menyantap daging qurban karena khawatir gemuk, padahal di dalam qurban ini memiliki banyak kebaikan dan hikmah qurban. Sungguh sayang apabila momen ini dilewatkan begitu saja hanya karena masalah fisik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.