Hati-Hati! Hal-Hal Sepele Ini Menyebabkan Power Steering Lekas Rusak

Futuready Asuransi Mobil All Risk

Power steering merupakan salah satu teknologi yang disematkan pada mobil modern. Penggunaan teknologi ini membuat kita tak kesulitan mengendalikan setir, terutama ketika berbelok dan parkir. Setir mobil akan terasa lebih ringan dan tak menyulitkan kita bila ingin melakukan manuver.

Walaupun power steering tak butuh perawatan khusus, kita tetap tak boleh sembarangan ketika menyetir mobil. Karena ternyata hal-hal sepele ini bisa menyebabkan power steering lekas rusak. 

Mengabaikan Posisi Roda Ketika Parkir
Ketika kita memarkirkan mobil, kita harus memastikan kalau posisi roda sudah lurus sebelum kita mematikan mesin mobil. Hal seperti ini memang tampak sepele. Namun sebenarnya posisi roda yang agak berbelok akan berbahaya bagi power steering tipe rack and pinion. Jangan sampai komponen karet as rack steer mudah robek akibat posisi roda yang keliru. Biasakan memarkir mobil dengan posisi ban yang lurus setiap saat.

Memutar Setir Hingga Mentok
Memutar setir hingga mentok pasti sering kita lakukan bila ada tikungan tajam. Ternyata hal ini tidak boleh dilakukan dalam waktu lama. Sebab hal ini bisa menyebabkan karet rack pinion steer jadi rentan rusak. Terutama bila sampai ada bunyi “klak” saat kita memutar setir hingga mentok. Putarlah setir perlahan-lahan dan usahakan agar tidak mencapai batas akhirnya.

Malas Mengganti Oli
Mobil dengan setir yang berteknologi power steering hidrolik ternyata sangat membutuhkan pelumas. Karena pelumas tersebut berfungsi untuk mendukung tekanan hidrolik pada sistem power steering mobil. Kita wajib mengganti oli secara berkala agar kinerja power steering tetap prima. Oli yang susunan kimianya sudah berubah bisa mempengaruhi kualitas power steering ketika kita mengemudikan mobil.

Ban Mobil Kekurangan Tekanan Udara
Tekanan udara yang mulai berkurang akan mengakibatkan gesekan antara ban dan permukaan jalanan jadi semakin besar. Hal ini membuat kinerja power steering jadi semakin berat. Periksalah tekanan ban dengan cermat. Agar kondisi ban yang kurang prima tidak mempengaruhi komponen mobil yang lain.

Kerusakan power steering akan memperbesar risiko kecelakaan. Jadi, kita memang harus menggunakan mobil secara teliti dan memperhatikan kondisi power steering. Selain merawat mobil, risiko kecelakaan juga bisa diminimalkan bila kita memiliki asuransi mobil all risk. Pilihan asuransi berkualitas bisa kita dapatkan di website Futuready. Supermarket asuransi terbesar se-Indonesia ini adalah andalan yang tepat untuk urusan asuransi berkualitas.

Yuk klik dulu website berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya:

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.