Hindari Mengkaitkan Agama untuk Tujuan Politik

Judul di atas merupakan salah satu topik yang sedang hangat – hangatnya dibicarakan bahkan hingga saat ini terus berkelanjutan. Di mana saat ini kisruh politik dengan menggunakan agama semakin marak terjadi, apalagi ditunjang dengan berbagai pemberitaan yang belum tentu keabsahannya, membuat masyarakat pun turut berkomentar hingga tak jarang menghina agama satu sama lainnya. Jadi berita politik nasional yang sedang terjadi saat ini, tidaklah semestinya disangkut pautkan atau dikaitkan dengan agama, karena sangat berbahaya jika masalah agama dibesar- besarkan, bahkan dijadikan faktor pemisah bagi warga sebangsa dan setanah air. Menurut salah satu pengurus besar NU, founding father atau para pendiri bangsa yang di dalamnya termasuk beberapa ulama dan pemuka agama telah sepakat menjadikan Indonesia sebagai negara kebangsaan. 

Berita Politik Agama


Dari kutipan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa Indonesia itu nation atau negara kebangsaan dan negara yang damai, karena semua warganya diberlakukan sama tidak dipandang apa agama dan juga sukunya. Atas dasar permasalahan politik yang semakin memanas dan terjadi pada pemerintahan saat ini, sebaiknya memang tidak melibatkan unsur agama apapun di dalamnya, demi menjaga perdamaian dan persatuan, serta menghindari pertengkaran. Namun apa yang terjadi saat ini, terlalu banyak masyarakat yang kurang berfikir cerdas dalam menyikapi berbagai masalah politik yang terjadi, hingga mereka belum tahu dan mengerti pasti, namun telah berkomentar dengan isian yang menyudutkan satu agama dengan agama lainnya dengan berbagai tujuan. Suatu negara seharusnya tidak perlu disebut salah satu agamanya, tidak perlu bermuatan politik salah satu agama saja, namun agama tersebut alangkah lebih baik jika dijadikan sebagai nilai – nilai universal basic dasar dalam perpolitikan.
Isu atau berita politik yang diwarnai dengan muatan agama, sebaiknya dihindari agar tidak memicu pertengkaran antar pemeluk agama, yang sebenarnya hal tersebut dapat memicu perpecahan bangsa. Lebih bijak dalam mencari informasi dan berkomentar atas persoalan politik dan juga agama yang saat ini sedang banyak dibicarakan bahkan dikait – kaitkan, akan lebih baik untuk kehidupan bangsa di masa yang akan datang.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.