Cara Tepat Memilih Susu Bagi Anak 1 Tahun


Bagi Anda yang sudah menjadi seorang ibu, maka wajib tahu tentang susu terbaik sebagai pengganti ASI untuk si kecil. Selain mendukung dalam pertumbuhannya, susu yang tepat yang dipilih pun harus memenuhi standar yang cocok untuk bayi, khususnya susu anak 1 tahun, yang mengandung bahan-bahan nutrisi dan vitamin yang cukup, serta tidak terlampau kadaluwarsa.

Pada umumnya susu untuk bayi ketika sudah memasuki usia 6 bulan ke atas diberikan secara bertahap sebagai pendamping ASI. Kisarannya sekitar 30% dan ketika bayi yang sudah memasuki usia 12 hingga 18 bulan sari makanan sudah mencapai 50 % disamping ASI yang diberikan. 

Ada beberapa hal ketika Anda hendak perhatikan, sebelum memutuskan merk susu bagi anak Anda.

Pertama, susu yang se-usia dengan anak. Setiap kelompok usia tentu membutuhkan komposisi gizi yang bereda dengan kelompok usia lainnya. Dikarenakan, kandungan susu bagi anak yang berbeda dengan kandungan susu bayi terutama jumlah kalori dan juga proteinnya. Selain itu juga fungsi dari pencernaannya untuk mengolah anak semakin baik.
Kedua, perhatikan komposisinya. Pada prinsipnya, susu formula untuk bayi dan anak hingga umur 2 tahun sudah diupayakan mendekati komposisi ASI dengan kandungan sesuai standard yg ditetapkan WHO.  Jadi susu formula tersebut harus mengandung Energi, Protein, lemak , vitamin, dan mineral. Akan tetapi tetap saja susu formula tidak dapat menyamai ASI. Begitu pula susu formula yg ditambahkan kandungan asam folat, AA, DHA, dll tdk bisa menyamai ASI. Bagaimanapun juga ASI adalah makanan terbaik dan tiada tandingannya.


Ketiga, seuaikan dengan selera anak. Agar anak suka, sesuaikan dengan seleranya, baik dalam hal bentuknya bubuk atau cair maupun rasanya. Dalam, hal rasa yg harus diperhatikan apakah anak punya bakat alergi tertentu.  Adakalanya rasa cokelat menyebabkan anak alergi atau memicu keluhan bagi mereka yg punya bakat asma. Begitu juga dengan anak hiperaktif dengan gangguan pemusatan konsentrasi , bisa bertambah hyperaktif. Jika anak ingin ganti 2 susu tdk msalah , selama ada alasan mendukung. Susu anak 1 tahun dapat pula anak sesuaikan dengan selara anak. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.