4 Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Merawat kehamilan sama artinya dengan merawat ibu hamil sekaligus bayi dalam kandungan, merawat kehamilan sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, si ibu hanya perlu melakukan kegiatan olahraga untuk ibu hamil dan menghindari beberapa larangan aktivitas atau gaya hidup yang kurang sehat dan membuat cepat lelah.  

Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Selain itu ibu hamil sebaiknya juga mengonsumsi makanan serta Nutrisi Untuk Ibu Hamil. Nutrisi untuk ibu hamil sendiri ada bermacam-macam, salah satu yang cukup penting adalah asam folat, asam folat berguna untuk perkembangan janin, asam folat sendiri dapat dengan mudah ditemukan pada buah dan sayur-sayuran.

Pada usia trimester pertama merupakan usia kehamilan yang cukup rentan dan beresiko mengalami berbagai gangguan kesehatan, karena itu pada usia inilah makanan serta kegiatan harus benar-benar diperhatikan.

Untuk lebih lengkapnya dibawah ini kami paparkan beberapa nutrisi penting untuk ibu hamil

  • Zat Besi


Zat besi merupakan gizi yang cukup penting bagi ibu hamil, fungsi dari zat ini adalah untuk membuat sel darah merah, pada saat hamil kebutuhan sel darah merah si ibu akan meningkat hingga 2 kali lipat, hal ini dikarenakan bayi yang dikandung juga membutuhkan pasokan darah.

Jika ibu hamil tidak mendapatkan pasokan zat besi yang cukup maka dikhawatirkan menjadi mudah lelah dan rentan terhadap serangan infeksi, namun sebaliknya, jika zat besi untuk ibu dan bayi terpenuhi maka ibu akan terhindar dari penyakit anemia dan pada bayi sendiri akan mencegah kelahiran prematur.

Zat besi bisa Anda temukan pada daging ayam, kacang merah, ikan, kubis, bayam, dan sayur-sayuran hijau, saat mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sebaiknya dibarengi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C tinggi agar zat besi lebih mudah diserap, dan jangan dibarengi dengan konsumsi kalsium, karena akan berefek sebaliknya.

  • Asam Folat


Asam folat merupakan salah satu makanan yang sangat penting untuk kebutuhan janin, bahkan kebutuhan asam folat sendiri mestinya sudah di konsumsi sejak merencanakan kehamilan. Banyak manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi asam folat terutama untuk janin, seperti membantu mencegah bayi dari cacat tabung saraf, mencegah kelainan pada otak, mencegah kelainan sumsum tulang belakang, mencegah keguguran, kelahiran prematur, hingga anemia saat hamil.

Asam folat bisa didapatkan dari suplemen atau dari makanan alami seperti sayuran hijau, lemon, jeruk, tomat, lemon, kiwi, kacang-kacangan, strawberi, dll.

  • Kalsium


Kalsium juga diperlukan oleh ibu hamil terutama untuk bayinya, kalsium yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi si bayi, hanya saja bayi tersebut akan mengambil kalsium dari si ibu, sehingga kebutuhan kalsium pada masa kehamilan juga otomatis meningkat, tentunya ini untuk menjaga kepadatan tulang ibu dan pertumbuhan tulang bayi.

Kalsium bisa ditemukan pada minuman olahan susu dan makanan seperti yogurt, susu, keju, kacang almond, bayam, brokoli, dan lain-lain.

  • Vitamin C


Seperti yang kami tuliskan diatas, vitamin C sangat membantu dalam penyerapan zat besi, selain itu vitamin C juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan sel darah merah dan pembuluh darah, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C ini bisa Anda dapatkan melalui mkanan seperti lemon, jeruk, melon, kiwi, tomat, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan Makanan Untuk Ibu Hamil sebenarnya Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap harinya, dan hindari makanan cepat saji yang hanya menyajikan kenyang namun minim gizi, selain itu hindari berbagai penyebab stres, karena akan berpengaruh pada kehamilan Anda dan si jabang bayi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.