7 Cara Dapatkan Harga Rumah di Jakarta yang Murah

Harga properti, yaitu apartemen, rumah, gedung perkantoran, dan bangunan lainnya semakin lama semakin melambung. Faktor harga yang semakin mengalami kenaikan ini membuat Anda harus memetakan anggaran dengan tepat ketika akan membeli rumah, terutama di perkotaan. Harga rumah di Jakarta tentunya sudah mahal karena berada di kota besar.

Mengingat harga rumah Jakarta yang sudah mahal, maka Anda perlu menyikapinya agar bisa mempunyai rumah di kota metropolitan dan menjadi pusat seluruh sektor. Sebenarnya, masih banyak penawaran rumah di Jakarta yang dibanderol dengan harga lebih murah. Lalu, di manakah itu? Berikut ini adalah 7 cara untuk mendapatkan rumah murah di Jakarta. 

Harga Rumah Di Jakarta

1.    Membeli Rumah di Pinggir Kota Jakarta
Rumah di kawasan kota besar seperti Jakarta tentu ditawarkan dengan harga mahal dibandingkan kawasan lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh lokasi yang sangat strategis jika berada di ibukota, di mana banyak fasilitas umum. Jarak antara satu tempat dengan tempat lainnya juga tergolong dekat dan mudah diakses. Kualitas setiap fasilitas umum juga unggul.

Terlepas dari beragam penawaran rumah yang mahal hingga super mahal tersebut, Anda bisa memperoleh harga rumah lebih murah, yaitu dengan membeli rumah di pinggir Kota Jakarta. Tingkat harga jual rumah dipengaruhi oleh letaknya, sehingga pilih saja yang lokasinya tidak di pusat kota, yaitu di pinggir kota, seperti di daerah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dll.

Rumah yang berlokasikan di pinggir kota ini tidaklah seburuk persepsi kebanyakan orang. Bahkan beberapa orang sengaja memilihnya untuk beberapa tujuan tertentu. Lagipula, lokasi pinggir kota bukan berarti akan sunyi senyap. Masih tetap ramai, kok.

2.    Membeli Rumah Second
Cara selanjutnya untuk mendapatkan rumah murah adalah dengan membeli rumah second. Rumah yang sudah pernah dihuni dan tidak lagi baru, maka harganya secara otomatis turun. Rumah second ini belum tentu usianya sudah tua. Bisa jadi masih tergolong baru, namun baru ditempati sekitar beberapa bulan, tahun, atau mungkin baru beberapa minggu atau hari.

Untuk memperoleh informasi mengenai rumah second ini, Anda bisa melihat spesifikasi yang dicantumkan dalam penawaran rumah. Jika tidak, Anda bisa mendapatkan informasi dari agen perantara yang bisa mencarikan info mengenai hal ini.

3.    Membeli Rumah yang Sudah Berumur
Harga rumah di Jakarta yang lebih murah juga bisa diperoleh dengan membeli rumah yang sudah berumur. Rumah yang masuk dalam kategori ini adalah rumah yang sudah belasan atau puluhan tahun, di mana sudah pernah ditempati ataupun belum. Karena sudah berumur, maka desain bangunan, kualitas bangunan, serta kebersihannya sudah menurun.

Dengan demikian, harga yang turun dikarenakan beberapa faktor tersebut. Anda juga masih membutuhkan biaya perawatan, sehingga pemiliknya berani menurunkan harga. Jika tidak menurunkan harga, maka Anda bisa melakukan negosiasi dan kemungkinan pemiliknya akan menyetujui untuk menurunkan harga agar rumahnya juga cepat laku.

4.    Membeli Rumah Langsung dari Pemilik
Penawaran rumah tidak pasti hanya dilakukan melalui agen perantara. Anda bisa melakukan transaksi jual beli rumah secara langsung dengan pemiliknya. Harga rumah bisa lebih murah jika transaksi ditangani sendiri oleh pemilik rumah. Hal tersebut dikarenakan pemilik rumah tidak harus membayar komisi untuk pihak agen perantara.

5.    Membeli Rumah dengan Sistem KPR
Pembelian rumah dengan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah) tentu saja merupakan kesempatan bagi pemilik untuk mendapatkan harga lebih murah. Bahkan, tak hanya itu saja. Anda bisa memperoleh keringanan dalam pembelian secara kredit ini, yaitu berupa tenggang waktu pembayaran. Di awal, Anda hanya akan membayar uang muka sebagai tanda jadi.

Setelah itu, Anda bisa mulai mengangsur biaya pembelian rumah hingga lunas beserta dengan bunga setiap bulannya atau setiap periode angsuran. Sebelum menyetujui sistem KPR dalam membeli rumah, Anda harus memastikan bahwa jumlah angsurannya memang sesuai dengan kemampuan Anda.

6.    Membeli Rumah dengan Sistem Over Credit
Harga rumah di Jakarta yang tergolong murah juga bisa dilakukan melalui sistem over credit. Sistem ini berarti bahwa Anda bisa memperoleh rumah secara kredit yang diperoleh dari pemilik yang tidak bisa melanjutkan sistem KPR-nya. Hal ini bisa menjadi alternatif cara untuk  memperoleh rumah di Jakarta secara mudah dan lebih ringan dalam hal anggaran.

7.    Mencari Rumah yang Dijual Cepat
Rumah yang dijual cepat pada umumnya mempunyai penawaran harga yang lebih rendah agar cepat laku. Selain itu, Anda juga dimungkinkan dapat melakukan negosiasi dengan pihak pemilik dan kemungkinan besar pemilik akan menyetujui penurunan harga.

Beberapa hal tersebut dapat Anda praktikkan guna memperoleh harga rumah di Jakarta yang murah. Pahamilah setiap cara dan tentukan alternatif cara untuk diterapkan. Carilah info jual rumah sebanyak mungkin dan pilih beberapa rumah untuk disurvei. Dengan ini, diharapkan Anda mendapatkan rumah dengan harga sesuai kemampuan finansial.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.