Perlukah Balita Diberi Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak?


Vitamin Penambah Nafsu Makan

Vitamin penambah nafsu makan anak dianggap sebagai salah satu suplemen yang baik diberikan untuk anak. Suplemen ini membantu anak memiliki nafsu makan yang stabil. Dengan memiliki nafsu makan yang stabil maka anak bisa memenuhi kebutuhan tubuhnya akan nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Namun seringkali muncul keraguan apakah memang aman jika vitamin penambah nafsu makan diberikan kepada anak. Apalagi jika usia anak masih sangat kecil, di bawah lima tahun misalnya. Usia balita merupakan usia yang sangat rentan dan menjadi saat dimana anak akan menjalani tahap pertumbuhan serta perkembangan yang harus dioptimalkan.

Balita membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap untuk membuat pertumbuhan dan perkembangan berjalan secara optimal. Banyak orang tua berpikir bahwa kebutuhan nutrisi balita harus dipenuhi dengan cara yang alami agar aman. Namun bagaimana jika balita kehilangan nafsu makan dan tidak bisa mengonsumsi makanan sehat?

Syarat Memberi Vitamin untuk Balita
Apa yang dikonsumsi oleh anak di bawah lima tahun harus sangat diperhatikan oleh orang tua. Begitu juga dengan produk vitamin penambah nafsu makan. Karena balita memiliki kondisi tubuh yang sangat rentan, maka ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika anda akan memberi vitamin penambah nafsu makan anak balita.

Berikut adalah beberapa syarat memberikan vitamin untuk balita :
1.    Bahan yang Alami

Untuk balita, usahakan memilih jenis vitamin yang menggunakan bahan-bahan alami. Akan lebih baik jika anda membuat ramuan sendiri dari bahan alami namun jika dirasa terlalu ribet maka anda bisa memilih produk vitamin penambah nafsu makan yang terbuat dari bahan-bahan alami.

2.    Memang untuk Balita

Pilih produk vitamin yang memang dikhususkan untuk balita. Ada banyak jenis produk vitamin dan tentu sudah disesuaikan dengan usia anak-anak. Jangan sampai anda memilih produk yang tidak sesuai atau tidak diindikasikan untuk anak usia di bawah lima tahun.

3.    Konsultasikan dengan Dokter

Usahakan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi anda jika ingin memberikan suplemen untuk anak. Apalagi anak masih berusia di bawah lima tahun jadi anda harus sangat berhati-hati agar tidak salah memberi suplemen.

4.    Kontrol Pemberian Makanan dan Susu

Selama anda memberikan vitamin penambah nafsu makan, anda juga harus mengontrol pemberian makanan sehat dan susu formula untuk anak anda. Imbangi dengan makanan yang bergizi seimbang dan pastikan memberikan susu formula dengan komposisi yang pas tanpa berlebihan.
Meskipun vitamin penambah nafsu makan sangat bermanfaat namun jangan sampai berlebihan memberikannya. Sesuaikan dengan kebutuhan anak sehingga anak tidak akan mengalami ketergantunan terhadap vitamin yang diberikan.

Anak usia di bawah lima tahun memang seringkali kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba. Jaga kestabilan nafsu makan anak anda dengan memberikan vitamin penambah nafsu makan anak. Namun pastikan anda memberikannya dengan hati-hati dan mengontrolnya sebaik mungkin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.