Kebiasaan yang Dapat Memperlancar Haid

Haid yang tidak lancar memang dapat berpengaruh terhadap kesehatan wanita. Jangan anggap sepele jika haid anda tidak lancar atau tidak teratur. Hal itu menandakan bahwa kondisi tubuh anda tidak stabil atau adanya gangguan. Selain mencari informasi tentang tips lancar datang bulan, anda juga harus sering memeriksakannya ke dokter, ditakutkan ada penyakit yang tidak kita ketahui. Adapun cara alami yang dapat membantu anda mengatasi haid tidak lancar adalah dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan seperti: 

Tips Lancar Datang Bulan


  1. Gaya hidup sehat
Dengan menerapkan gaya hidup sehat, tubuh anda akan terhindar dari berbagai penyakit. Gaya hidup sehat itu identik degan berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol dan lain sebagainya. Jika anda berkomitmen untuk selalu melakukan pola hidup sehat maka dijamin haid anda akan lancar dan sehat.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi
Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa kita harus mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Pilihlah makanan yang baik dan dapat membuat tubuh memproduksi hormon dengan baik. Dengan begitu sistem metabolisme tubuh anda akan berfungsi sebagaimana mestinya dan haidpun kembali lancar.

  1. Istirahat secara teratur
Bagi orang dewasa membutuhkan istirahat minimal delapan jam setiap hari. dengan beristirah dengan cukup dan teratur dapat membuat hormon kortisol berproduksi dengan baik. Kondisi seperti ini dapat membuat anda terhindar dari stress, dan mempengaruhi hypotalamus untuk mengatur periode haid dengan baik.

  1. Rajin berolahraga
Dengan berolahraga seluruh tubuh kita akan bergerak dan hal ini memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh. Salah satunya memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh sehingga menstruasi atau haid anda pun menjadi lebih lancar dan teratur. Tidak perlu memaksakan memilih olahraga yang berat. Pilihlah olahraga yang ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda dan lain sebagainya.
Itulah beberapa tips atau kebiasaan yang dapat memperlancar haid anda. Hindarilah hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat haid, seperti minum air es, makan makanan yang dapat membuat anda perut kram dan sakit.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.