Gejala, Penyebab, dan Biaya Operasi Total Knee Replacement


Lutut

Total Knee Replacement atau operasi penggantian lutut secara keseluruhan dilakukan apabila pasien sudah menjalani berbagai jenis terapi dan pengobatan akan tetapi belum juga sembuh. Bagi Anda yang sedang mencari tahu gejala, penyebab, serta biaya yang dibutuhkan jika Anda berencana mengambil tindakan medis yang satu ini, berikut ulasannya.

Gejala
1.      Nyeri lutut yang parah membatasi aktivitas Anda sehari-hari

Apabila Anda merasakan sakit luar biasa pada bagian persendian sehingga mengganggu keseharian Anda, berhati-hatilah karena hal ini bisa menjadi pertanda Anda mengalami Osteoartritis. Osteoartritis adalah kondisi persendian yang terasa nyeri akibat dari inflamasi yang timbul karena adanya gesekan pada ujung-ujung tulang penyusun sendi.

2.      Nyeri lutut sedang apabila beristirahat siang atau malam
Nyeri lutut yang Anda rasakan tidak hanya berlangsung apabila melakukan aktivitas fisik saja, tetapi nyeri tersebut juga Anda rasakan ketika sedang beristirahat baik siang maupun malam. Namun berbeda dengan nyeri ketika sedang melakukan aktivitas fisik, nyeri ini memiliki intensitas sakit yang lebih rendah.

3.      Lutut kronis atau peradangan lutut bengkak
Lutut yang bengkak serta mengalami peradangan juga menjadi salah satu gejala Anda membutuhkan operasi penggantian lutut secara keseluruhan. Terlebih jika Anda telah menjalani perawatan dan meminm obat tapi hasil yang didapat tidak maksimal atau bahkan tidak berdampak sama sekali.

4.      Cacat lutut
Bagi Anda yang menderita cacat lutut atau suatu kondisi di mana lutut Anda tidak dapat digunakan layaknya orang normal lainnya, maka Anda membutuhkan operasi penggantian lutut secara keseluruhan. Tindakan medis yang satu ini akan membantu Anda mengembalikan fungsi persendian lutut menjadi normal kembali.

5.      Kram lutut
Hati-hati apabila Anda sering merasa susah saat akan menekuk atau meluruskan lutut Anda atau sering disebut dengan kram lutut. Apabila terjadi hanya satu atau dua kali maka hal tersebut merupakan hal yang wajar. Akan tetapi apabila intensitas terjadinya kram lutut tersebut sering atau bahkan setiap hari, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda Anda menderita osteoartritis.

Penyebab
1.      Cedera lutut yang dialami sebelumnya
Cedera yang Anda alami sebelumnya merupakan faktor terbesar mengapa Anda membutuhkan Total Knee Replacement. Jika saat muda lutut Anda dapat menyembuhkan diri sendiri setelah terluka, namun seiring bertambahnya usia struktur lutut tidak sekuat sebelumnya.
2.      Ketegangan berulang pada lutut
Memberikan lutut tekanan terus-menerus seperti berjongkok atau berlutut merupakan salah satu penyebab osteoartritis. Jika lutut dipaksa untuk menyerap tekanan yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama, maka kegiatan tersebut bisa menimbulkan sakit yang teramat sangat pada lutut ke depannya.

3.      Kelebihan berat badan/obesitas
Obesitas menjadi sebab seseorang mudah terserang berbagai penyakit karena banyaknya lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Posisi tubuh seorang penderita obesitas pada saat berdiri menjadi tidak seimbang karena adanya tumpukan lemak di sekitar lutut.

4.      Olahraga yang menyebabkan tekanan sendi lutut
Olahraga memang sangat dianjurkan bagi setiap orang agar tubuh senantiasa terjaga kebugarannya. Akan tetapi pemilihan olahraga yang tepat juga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan penyakit yang lain seperti nyeri sendi karena banyaknya tekanan yang diberikan pada lutut saat sedang melakukan olahraga. 

Biaya
Bagi Anda yang berencana melakukan penanganan ini, namun bingung dengan biaya operasi TKR yang harus dibayarkan, jangan khawatir karena Anda bisa mendapatkan pelayanan serta perawatan maksimal bagi masalah persendian Anda mulai dengan harga 70 juta saja di dokter.my.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.