Kriteria Memilih Agen Asuransi yang Dapat Diandalkan

Ketika Anda memutuskan berhenti bekerja dan ingin memulai usaha sendiri, satu hal penting yang mesti segera ditangani ialah mengenai biaya kesehatan.

Salah satu cara Anda dapat menjamin biaya kesehatan adalah dengan mengikuti program asuransi kesehatan. Namun yang jadi persoalan ialah bagaimana memilih asuransi kesehatan terbaik yang tepat untuk Anda dan keluarga.

Asuransi telah menjadi bagian penting dalam perencanaan keuangan. Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan bila pemegang polis dirawat di rumah sakit karena menderita penyakit atau kecelakaan.

Besarnya penggantian sesuai jumlah tagihan dari rumah sakit dengan batasan limit tertentu berdasarkan manfaat polis asuransi yang diambil.

Anda perlu tahu bahwa asuransi kesehatan berbeda dengan asuransi penyakit kritis. Dalam asuransi penyakit kritis santunan tunai diberikan apabila Anda menderita penyakit kritis tertentu. Biasanya, santunan tunai yang diberikan juga hanya satu kali atau bersifat lump-sum.
Agen Asuransi

Nah, sebelum kami bagikan informasi mengenai Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia, ada baiknya Anda ketahui dahulu seperti apa kriteria yang ideal dalam memilih asuransi kesehatan terbaik yang dirangkum dari CiputraLife.com berikut ini:

Cashless
Dengan cashless, penggantian klaim Anda menjadi lebih gampang. Anda tidak perlu membayar saat masuk rumah sakit, namun cukup menyelesaikan tagihan dengan kartu garansi. Anda tidak perlu ‘bayar di muka’ dan harus melakukan klaim reimburse ke asuransi.

Tetapi, sistem cashless ini mensyaratkan rumah sakit tempat Anda dirawat harus sudah bekerjasama dengan pihak Asuransi karena rumah sakit harus menyediakan fasilitas berupa mesin untuk menggesek kartu asuransi yang Anda miliki.

Bila tidak kerjasama dengan pihak asuransi, maka Anda terpaksa harus membayar di muka dan kemudian melakukan klaim reimbursement ke asuransi.

Jaringan Rumah Sakit yang Luas
Klaim cashless hanya dapat dilakukan pada rumah sakit yang memiliki ikatan kerjasama dengan asuransi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih perusahaan asuransi kesehatan yang memiliki jaringan kerjasama dengan banyak rumah sakit.

Pertimbangkan pula apakah rumah sakit langganan Anda atau rumah sakit terdekat memiliki kerjasama dengan perusahaan asuransi kesehatan yang akan Anda pilih.

Plafond dan Premi yang Sesuai Kebutuhan
Pada umumnya, Anda tentu menginginkan asuransi yang memberikan plafond sesuai keinginan Anda. Sebab, bila skema yang diambil lebih rendah, nantinya Anda harus mengeluarkan biaya tambahan saat di rawat inap untuk menutupi kekurangan yang tidak dijamin asuransi.

Begitu pula sebaliknya, plafond yang tinggi tentu akan mempengaruhi mahalnya biaya premi. Semakin mahal harga kamar rumah sakit, maka semakin mahal pula premi yang harus Anda bayarkan.

Sesuaikan premi dengan kemampuan, jangan nantinya malah memberatkan keuangan Anda. Pilihlah plafond dan premi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Pilihlah Asuransi Kesehatan Murni
Saat ini ada banyak asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan murni salah satunya adlaah Ciputra Life. Namun, saat Anda memilih produk asuransi kesehatan yang diinginkan, pastikan produk tersebut merupakan asuransi kesehatan yang berdiri sendiri, bukan merupakan rider (manfaat tambahan) dari asuransi jiwa unit-link.

Asuransi unit-link biasanya memberikan plafond yang lebih rendah untuk porsi kesehatan, sehingga Anda harus membayar premi lebih mahal bila ingin mendapatkan plafond yang lebih tinggi.

Belum lagi, akan ada banyak potongan biaya unit-link yang jumlahnya tidak sedikit sehingga akan mengurangi plafond manfaat kesehatan dari asuransi tersebut.

Berbeda dengan asuransi kesehatan murni, premi diperuntukkan semata-mata untuk pertanggungan biaya kesehatan dan potongan biayanya pun di sebesar pada unit-link.

Sehingga asuransi kesehatan murni membebankan premi lebih murah atau dengan nilai pertanggungan yang lebih tinggi. Bila Anda tidak percaya, silahkan bandingkan saja nilai pertanggungan dan harga premi antara asuransi kesehatan murni dengan asuransi kesehatan yang menjadi bagian unit-link.

Prioritaskan Rawat Inap
Biaya kesehatan Anda mencakup rawat jalan dan rawat inap. Ada baiknya Anda fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini biayanya yang paling besar. Namun, bila Anda memiliki uang lebih, bisa mengambil manfaat tambahan asuransi rawat jalan.

Itu tadi beberapa tips yang patut Anda perhatikan sebelum memilih agen asuransi terbaik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.