Ini Rincian Biaya Umroh Murah Yang Rasional

Paket umroh seharga Rp10 juta tentunya tampak sangat menggiurkan. Akan tetapi, sebelum kita terburu-buru mengambil paket umroh murah ini, ada baiknya kita telusuri terlebih dahulu rincian biaya umroh ke Tanah Suci. Sudah beberapa kali terjadi kasus di tengah masyarakat di mana umroh kelewat murah berakhir dengan perjalanan yang tertunda atau bahkan gagal. Untuk itu, ada baiknya kita ketahui dan cermati rincian biaya umroh yang murah namun tetap rasional. Ini akan memberi kita gambaran berapa besarnya dana yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci. 

Umroh Murah


Rincian Biaya Umroh Murah dan Tetap Masuk di Akal


Biaya umroh murah ini sendiri akan meliputi tiket pesawat pulang pergi Jakarta-Jeddah, hotel selama di Mekkah dan Madinah, biaya makan, visa, sewa bis serta pengeluaran lain yang memang dibutuhkan. Beirkut adalah rincian lengkapnya:

1. Tiket pesawat terbang pulang pergi Jakarta-Jeddah antara Rp12 hingga Rp15 juta. Rentang biaya ini akan tergantung dari maskapai penerbangan yang dipakai
2. Hotel di Mekkah antara Rp800 ribu sampai Rp6 juta per jamaah
3. Hoteldi Madinah antara Rp700 ribu sampai Rp4 juta per jamaah
4. Biaya makan selama di Mekkah dan Madinah antara Rp900 ribu sampai Rp4 juta per jamaah
5. Visa antara Rp800 ribu sampai Rp1.2 juta
6. Sewa bis berkisar antara Rp700 ribu sampai Rp1 juta per jamaah
7. Air zam-zam berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp300 ribu per jamaah tergantung berapa banyaknya
8. Makanan ringan antara Rp600 ribu sampai Rp750 ribu
9. Pajak bandara antara Rp45 ribu sampai Rp100 ribu
10. Biaya untuk pembimbing umroh murah antara Rp750 ribu sampai Rp1.2 juta
11. Supir, porter, handling dan muthawif antara Rp150 ribu
12. Biaya manasik umroh antara Rp950 ribu sampai Rp1.5 juta
13. Admin travel butuh biaya antara Rp700 ribu sampai Rp2 juta

Dari rincian biaya di atas, totalnya adalah antara Rp20 juta hingga Rp38 juta per jamaahnya. Jelas terlihat bahwa sangatlah tidak mungkin perjalanan umroh hanya membutuhkan biaya Rp10 juta saja. Perlu diketahui juga bahwa rincian biaya di atas belum termasuk pengeluaran pribadi seperti oleh-oleh, makanan di luar katering yang dijadwalkan maupun pengeluaran lain yang dimaksudkan untuk diri sendiri. Untuk itulah kita harus siapkan dana lebih dari besaran rincian yang tertulis di atas. Minimal kita siapkan dana sebesar Rp25 juta untuk umroh murah serta segala keperluan lainnya. Selain itu, biaya umroh juga terkenal selalu naik dari tahun ke tahun. Sangat mungkin terjadi kenaikan yang menyebabkan kita harus menyiapkan dana ekstra jauh di atas perkiraan. Penting untuk menabung jauh-jauh hari agar keinginan umroh bisa terlaksana. Lihat juga haramain tour .

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.