6 Macam Masakan Penambah Nutrisi Otak Anak Yang Mudah Dibuat

                Siapa yang tidak bangga jika memiliki anak yang cerdas, kemampuan otak anak dalam bekerja dan berpikir ternyata dipengaruhi dari asupan makanan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi anak. Makanan yang memenuhi gizi seimbang, tentu dapat memberi nutrisi otak anak dengan baik. Makanan bergizi bisa ko’ disajikan dengan rasa yang lezat agar anak-anak suka. Berikut ini contohnya jenis masakan penambah nutrisi otak anak yang mudah dan bisa dicoba di rumah.

Nutrisi Otak Anak

1.       Salad Sayur/Buah

Salad buah atau sayur dapat dikatakan baik dikonsumsi anak-anak terutama yang masih dalam tahap perkembangan karena menu seperti ini kaya akan vitamin dan mineral. Apalagi jika sayur atau buah yang digunakan adalah jenis buah-buahan atau sayur kaya antioksidan, pastinya akan sangat berdampak positif terhadap otak dan juga tubuh anak. Salad buah bisa dijadikan cemilan sehat dan juga penghilang rasa lapar tanpa membuat perut terasa kenyang berlebih.

2.       Roti Selai Kacang

Jenis makanan kaya nutrisi otak anak seperti roti yang dibalut dengan selai kacang paling nikmat disantap saat sarapan pagi. Selai yang terbuat dari bahan dasar kacang, memang bermanfaat sekali untuk perkembangan otak. Kacang-kacangan bagus dikonsumsi secara langsung seperti dibuat jadi cemilan ataupun diolah menjadi bentuk makanan lain.

3.       Telur Rebus

Siapa disini yang suka dengan telur rebus? Ya, telur yang mengandung kolin memang dibutuhkan oleh otak untuk perkembangan dan juga meningkatkan daya ingat. Telur memang sering dijadikan santapan sehari-hari dan juga diolah menjadi berbagai bahan masakan. Anak-anak biasanya suka menyantap telur rebus, telur dadar atau telur mata sapi. Asalkan cara memasaknya menggunakan minyak goreng yang baik, maka aman-aman saja dikonsumsi oleh anak-anak.

4.       Sarden Saos Tomat

Kandungan asam lemak omega-3 berperan penting terhadap perkembangan otak dan sistem syaraf manusia. Ikan sarden adalah salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi sehingga dapat dikategorikan ke dalam salah satu makanan yang baik untuk asupan nutrisi otak anak. Menu masakan berupa ikan sarden dengan saos tomat yang kental, banyak disukai oleh anak-anak. Menu ini bisa dicoba di rumah.

5.       Tempe/Tahu Goreng

Bahan baku pembuatan tempe dan tahu yang terbuat dari kacang kedelai membuat jenis makanan satu inijug baik untuk perkembangan otak. Tahu dan tempe yang merupakan makanan khas Indonesia, sangat digemari oleh banyak kalangan. Harganya yang murah menjadikan makanan ini bisa diolah menjadi berbagai menu, mulai dari yang paling mudah yaitu tempe/tahu goreng, osengan, bacem dan lainnya.

6.       Pecel

Makanan khas Indonesia lainnya yang tidak kalah kaya akan gizi mineral dan vitamin adalah pecel. Bagaimana tidak, pecel yang terdiri dari beragam sayur ditambah lagi dengan saus kacang yang nikmat, menjadikan makanan ini salah satu yang banyak diminati.

                6 masakan yang sudah dibahas tadi, mudah bukan? Cocok untuk anda yang tidak punya banyak waktu memasak namun tetap ingin memenuhi kebutuhan nutrisi otak anak dengan baik. Salah satu diantaranya bisa anda langsung coba. Menurut anda, mana yang akan jadi menu favorit anak? Jangan ragu untuk mencoba aneka resep makanan sehat untuk anak, siapa tahu ini akan menjadikan skill memasak anda jadi lebih meningkat. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.