10 Gejala Awal Kehamilan yang Penting Diketahui Bagi Pengantin Baru


Gejala Awal Kehamilan

Memiliki buah hati adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pengantin baru. Rasanya seperti menunggu undian yang kapan saja bisa datang, namun sangat meresahkan selama proses penantiannya. Padahal sekali datang, ada gejala gejala awal kehamilan yang secara tidak sadar telah wanita rasakan.

Namanya pengantin baru, pasti tidak akan paham tentang apa saja gejala kehamilan. Kebanyakan mereka akan merasakan kurang enak badan dan mual sepeti masuk angin. Benar saja, mereka pun akan minum obat masuk angin. Padahal kalau mereka tahu, itu adalah tanda-tanda kehamilan.

Salah penanganan maka kehamilan bisa saja mengalami keguguran dini. Untuk itulah sangat penting bagi pasangan muda untuk mengenal apa saja gejala awal kehamilan. Kemungkinan besar gejalanya hampir sama dengan akan datangnya menstruasi, tetapi sebenarnya berbeda :

1.      Sensitif
Dalam hal ini sensitif hati atau sensitif perasaan serta sensitif terhadap indera pembau.

a.      Orang yang sedang hamil tanda-tandanya adalah gampang emosi. Sepeti sedang menstruasi. Ini dikarenakan perubahan hormon pada tubuh. Saat menstruasi pun juga disebabkan oleh perubahan hormon, tetapi untuk perubahan hormon saat hamil lebih tinggi konsentrasinya.

b.      Sensitif terhadap bau. Ini adalah maksud sensitif yang kedua. Ada beberapa jenis bau yang tidak disukai oleh wanita hamil, seperti yang paling umum adalah tidak suka terhadap bau bawang goreng. Begitu hidung mengendus bau bawang goreng, maka perut akan langsung mual-mual. Selain itu, wanita hamil juga ada yang sensitif terhadap bau parfum, bau badannya sendiri, bau badan orang lain, bau badan suaminya, serta bau-bauan yang lainnya.

2.      Perubahan bentuk tubuh
Gemuknya orang hamil dengan gemuk yang biasa sangat berbeda. Walaupun memang sebelumnya sudah memiliki garis keturunan gemuk, tetapi kalau sedang hamil, gemuknya akan kelihatan lebih cantik. Ada aura sendiri yang dibawa oleh wanita hamil. Selain itu, kita juga bisa melihat kesan gemuk hamil yang lagi, atau tidak segar. Ini dikarenakan wanita hamil rentan kurang cairan, anemia, dan tidak semangat.

  1. Kurang nafsu makan
Untuk gejala awal kehamilan yang satu ini memang sedikit sulit dikenali, karena wanita menggilai yang namanya diet. Diet ketat pun dilakukan untuk mendapatkan postur tubuh yang bagus. Namun untuk gejala kurangnya nafsu makan saat hamil bisa terlihat dari kebiasaan yang berlanjut didampingi dengan mual-mual.

  1. Sering tidak enak badan
Rasanya hampir sama dengan masuk angin. Setelah minum obat pun masuk angin tidak akan sembuh karena memang bukan masuk angin, tetapi hamil.

  1. Telat datang bulan
Kalau masih telat satu hari saja, masih belum tentu hamil. Tetapi kalau sudah telat seminggu, maka sudah Harau segera dicek, karena tanda-tanda hamil adalah telat datang bulan.

  1. Sering kencing
Hampir sama dengan anyang-anyangan. Setiap berapa menit sekali selaku ke kamar kecil untuk buang air kecil. Saking seringnya bahkan sampai ada yang pingsan. Rasa ingin kencing ini tidak bisa ditahan dan akan sangat panas rasanya di kemaluan, persis seperti anyang-anyangan. Tidak banyak memang yang mengalami gejala ini, tetapi ada yang benar-benar mengalaminya.

  1. Suka terhadap anak kecil
Padahal sebelumnya, kita tidak suka dengan anak kecil. Tiba-tiba saja suka dan bagi yang sudah suka anak kecil, ingin selalu dekat dengan anak itu.

  1. Tiba-tiba kepingin makan menu tertentu
Padahal sebelumnya tidak suka makanan tersebut atau tidak biasanya kepingin makan menu tersebut. Untuk gejala awal kehamilan ini bisanya akan berkelanjutan.

  1. Perubahan pada penampilan payudara
Karena nantinya payudara akan diisi oleh ASI, maka sejak terindikasi hamil, payudara pun akan bersiap-siap menyediakan tempat untuk bayi nantinya. Saat hamil, payudara akan lebih padat berisi.

  1. Sering pusing
Hubungannya adalah dengan tekanan darah. Ibu hamil akan cenderung memiliki tekanan darah yang rendah. Untuk itulah selaku disarankan minum pil penambah darah.

Kesepuluh gejala awal kehamilan tersebut adalah gejala yang umum. Setiap wanita hamil memiliki gejala yang berbeda-beda. Namun gejala yang pasti dirasakan adalah mual. Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, tidak ada salahnya Anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.