Bunda Perlu Tahu, Inilah Penyebab Terjadinya Bintik Merah pada Bayi

Kesehatan bayi harus dijaga sejak masih dalam kandungan agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat berjalan optimal. Salah satu cara menjaganya bisa dengan selektif memilih makanan yang Anda konsumsi. Nanti, setelah bayi lahir, kondisi kesehatannya bisa dijaga dengan pemberian ASI. Tak hanya itu saja, usahakan untuk menggunakan perlengkapan bayi yang aman untuk kulit bayi sehingga munculnya bintik merah pada bayi  dapat dihindari. 

Bintik Merah Pada Bayi


Bintik merah ini dapat terjadi pada bagian kulit wajah, tangan, atau pun tubuhnya. Terkadang bagian bintik merah ini membuat bayi merasa gatal-gatal dan menjadi rewel. Penting sekali untuk Anda segera melakukan penanganan agar masalahnya bisa segera teratasi. 

Apa penyebab bintik merah pada bayi?
Inilah penyebab terjadinya bintik merah pada bayi yang perlu Bunda ketahui.

1. Pengaruh Hormon
Bintik merah yang terjadi pada bayi dapat disebabkan pengaruh hormon Anda yang masih terbawa oleh bayi. Bintik merah ini biasanya terjadi pada usia dua minggu. Bentuk bintiknya seperti jerawat dengan warna kemerahan. Bintik ini terjadi di bagian pipi, dahi, dagu, dan juga di bagian punggung. Masalah bintik merah ini akan semakin parah jika terpapar keringat, air susu, detergen yang keras, dan pakaian bayi yang kasar. 

2. Alergi Menurun
Bintik merah pada bayi dapat juga disebabkan oleh alergi yang dibawa oleh orang tua. Bintik merah ini disebut dengan dermatitis atopik dengan bentuk bercak merah kering, bersisik, menebal, dan terasa gatal pada bayi. Apabila bintik merah ini tidak segera diatasi, maka memungkinkan akan menyebar ke bagian tubuh bayi seperti badan, lengan, dan tungkai. 

Kondisi tersebut umumnya dialami bayi pada usia di bawah satu tahun atau saat bayi belum mengonsumsi susu formula. Namun jika kondisi ini tetap terjadi sampai usia bayi lebih dari satu tahun, berarti penyebab bintik merahnya ialah akibat alergi susu formula yang dikonsumsinya. Ketika Anda melihat bintik merah ini segera hentikan pemberian susu tersebut. 

3. Pori-Pori Tersumbat
Bintik merah yang terjadi pada bayi dapat juga disebabkan oleh pori-pori kulit yang mengalami penyumbatan. Bintik merah ini disebut dengan biang keringat. Faktor pemicu terjadinya penyumbatan pori-pori karena kondisi cuaca yang panas atau baju bayi yang tidak menyerap keringat. 

Bintik merah ini juga dapat menyebar ke bagian tubuh bayi dengan lebih banyak. Saat mengalami masalah bintik merah ini usahakan agar bayi menggunakan baju yang lembut. Tujuannya agar tidak terjadi goresan antara baju dan bintik merahnya. Selain itu sebisa mungkin untuk menggunakan krim bayi agar bisa memberikan kelembutan dan kesegaran pada kulitnya agar dapat membuka pori-porinya. 

4. Gangguan Kulit
Penyebab lainnya adalah karena adanya gangguan pada kulit bayi yang disebut dengan eksim. Gangguan ini dapat terjadi pada usia berapa saja tanpa terkecuali. Masalah gangguan kulit ini terjadi dimulai dari adanya tumpahan atau sisa ASI yang menempel di wajah bayi atau pun susu formulanya yang tidak langsung dibersihkan. 

Ini yang memicu terjadinya iritasi pada kulit bayi. Lambat laun kondisi ini membuat kulit bayi memerah dan semakin parah. Pada saat mengalami masalah kulit ini bayi akan menjadi rewel dan ini akan mempengaruhi kondisi kulitnya secara menyeluruh. 

Demikianlah beberapa penyebab munculnya bintik merah pada bayi yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, setidaknya Anda akan lebih waspada dalam merawat dan menjaga kesehatan si kecil. Lakukanlah perawatan pada kulit bayi dengan baik agar tidak terjadi masalah kulit. Termasuk berhati-hati saat memilihkan pakaian, sabun bayi hingga susu untuk bayi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.