Debat Capres Dilaksanakan 5 Kali di 4 Tempat? Jadwal Pilpres 2019


Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat tertutup dengan masing-masing perwakilan calon presiden dan wakil presiden yang bertarung pada Pilpres tahun 2019. Rapat tersebut dilakukan pada 12 Desember 2019 dan membahas tentang debat Capres yang akan dilaksanakan lima kali dan digelar di 4 tempat yang berbeda. Berikut jadwal Pilpres 2019

Jadwal Pilpres 2019

Debat Capres Dilaksanakan Selama 5 Kali dengan Durasi 2 Jam
Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, atas persetujuan kedua tim, debat capres akan dilakukan selama 5 kali dengan durasi 2 jam. Debat tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 17 Januari, 17 Februari, 17 Maret, dan 30 Maret untuk debat keempat. Sedangkan untuk jadwal debat kelima belum ditentukan tanggalnya.

Untuk jadwal debat kelima sendiri masih menunggu persetujuan dari kedua belah pihak capres dan cawapres. Masing-masing paslon masih melihat jadwal mereka di bulan April. Debat capres termasuk ke dalam jadwal pilpres 2019 yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

Debat Capres Dilaksanakan di Jakarta
Berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak calon presiden, debat capres akan diselenggarakan di Jakarta. Sedangkan untuk tempat debat juga sudah disepakati oleh kedua belah pihak dan akan berlangsung di Jakarta dengan 4 tempat yang berbeda.

Untuk debat pertama dan kelima akan diselenggarakan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Sedangkan untuk debat kedua akan berlangsung di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat. Debat ketiga akan dilaksanakan di Hotel Sultan Senayan, Jakarta Pusat. Dan untuk debat keempat akan berlangsung di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan.

Formasi Debat Capres dan Cawapres
Debat capres tahun 2019 dibagi menjadi lima sesi dengan formasi yang berbeda-beda. Untuk debat pertama formasinya adalah calon capres dan cawapres, sedangkan untuk debat kedua formasinya adalah calon presiden, debat ketiga antar wakil presiden, debat keempat formasinya antar capres, dan debat yang terakhir adalah antar pasangan capres dan cawapres.

Susunan Tema Debat
Kelima sesi debat tersebut tentunya akan mengusung tema yang berbeda-beda pada setiap sesinya. Untuk debat capres yang pertama bertema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Sedangkan untuk debat kedua bertema sumber daya alam, energi, pangan, serta infrastruktur. Untuk debat ketiga bertema pendidikan, ketenagakerjaan, dan kesehatan.

Sedangkan untuk debat keempat mengusung tema hubungan internasional, ideologi, investasi, keuangan, dan kesejahteraan sosial. Dan untuk debat yang terakhir akan mengusung tema pemerintahan dan industri. Sudah siapkah Anda menantikan kelima debat capres tersebut?

KPU Usulkan 3 Nama Panelis Debat
Dalam rapat tertutup tersebut, pihak KPU juga sudah menyepakati nama panelis debat capres 2019. Dalam hal ini pihak KPU sudah menetapkan 3 nama panelis debat dan untuk masing-masing capres dab cawapres mengusulkan dua orang. Namun meskipun begitu, kedua nama tersebut belum dipublikasikan karena sedang menunggu pihak yang bersangkutan.

Kedua usulan nama tersebut nantinya akan dikonfirmasi kesediaannya. Namun yang jelas pasangan nomor urut 01 dan 02 masing-masing sudah mengusulkan dua nama calon panelis debat. Sedangkan untuk pihak KPU juga sudah mengusulkan 3 nama calon panelis debat yang akan dikonfirmasi kesediaannya.

Moderator Debat Ditentukan 26 Desember
Sedangkan untuk moderator debat yang akan memimpin jalannya debat capres 2019 akan ditentukan pada 26 Desember. Selain itu, sebelum acara debat capres dimulai masing-masing calon capres dan cawapres akan memaparkan visi dan misi dari masing-masing tim.
Nah, di atas merupakan jadwal debat capres yang akan digelar lima kali di empat tempat yang berbeda. karena debat capres juga termasuk ke dalam jadwal pilpres 2019, tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Bagaimana sudah siapkah Anda menantikan debat capres kedua yang akan dilaksanakan pada 17 Februari mendatang?  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.