Sejarah Singkat Perkembangan Storage Device

SSD
SSD
Sumber : Shopee.co.id
Jika kita mengulas lebih banyak sejarah perkembangan storage device, ternyata sudah banyak perkembangan yang dilalui dengan beberapa generasinya. Mulai dari perangkat yang berbentuk kertas hingga sekarang tercipta penyimpanan yang berbentuk external dan juga berupa online. Pada awal kemunculan komputer belum ada teknologi penyimpanan data serta informasi secanggih jaman sekarang ini dan hanya mengandalkan kertas saja. Media yang digunakan pada zaman dahulu disebut mesin Punch Card dan sekarang sudah tidak ada lagi orang yang memakainya.

Semakin berkembangnya teknologi muncullah perangkat penyimpanan seperti Optical storage dan magnetic storage. Untuk perangkat Optical storage meliputi CD-ROM disc, CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW dan masih banyak lagi. Seperti tipenya, perangkat ini memanfaatkan laser dan cahaya untuk membaca dan menulis data. Sedangkan tipe Magnetic Storage meliputi Floppy disk, Hard drive, dan masih banyak yang lainnya. Lalu muncullah perangkat dengan tipe baru yakni Flash memory yang mulai menyingkirkan media penyimpanan magnetik, seperti, Flash drive atau yang lebih dikenal dengan Flashdisk, memory card dan juga SSD.

Sekarang ini SSD adalah salah satu yang paling banyak digunakan oleh komputer modern bahkan laptop penyimpanan dengan jenis flash memory. Brand elektronik terbesar yang berasal dari Korea Selatan yaitu Samsung telah menciptakan SSD dengan kapasitas penyimpanannya mencapai 2 TB. Tidak berhenti sampai flash memory saja media penyimpanannya melainkan muncul dengan media penyimpanan baru secara online dan juga cloud. Hal tersebut mempermudah pengguna dengan bisa mengaksesnya data dimana saja sehingga tidak perlu membawa device kemanapun dia pergi.

Dengan perkembangan storage device saat ini membuktikan bahwa komputer memang sangat memerlukan perangkat tersebut. Tanpa adanya media, penyimpanan komputer hanya dapat berjalan dan tidak bisa menyimpan data-data penting, bila diibaratkan hanya seorang manusia yang berjalan dan tidak bisa berpikir. Storage device diciptakan dan dikembankan sebagai keperluan manusia dalam menyimpan data lebih banyak dan lebih cepat. Maka dari itu storage device membuat komputer dapat lebih banyak menyimpan data dan juga lebih cepat mengakses data.

Dari banyaknya storage device yang telah diciptakan oleh banyak perusahaan tidak semuanya bertahan lama, karena setiap muncul storage device yang baru maka yang lama akan tertinggalkan dan tidak akan dipakai lagi. Komputer modern sekarang ini lebih banyak menggunakan HDD atau SSD sebagai media penyimpanan data dan juga tersedia pilihan untuk mengakses flash drive seperti USB dan juga penyimpanan dalam bentuk cloud. Dengan kemampuannya yang sudah bisa membaca CD dan DVD, bahkan menulis dan menyimpannya di CD-R, DVD-R dan semacamnya.

Flashdisk

 
Flashdisk
Sumber : Shopee.co.id

Trek Technologi dan IBM mulai menjual USB Flash drive (Flashdisk) pertama pada tahun 2000. Trek Technologi yang merupakan perusahaan asal Singapura ini menjual sebuah Flash drive dengan model yang dijuluki Thumb Drive dan drive IBM pertama yang disebarkan di Amerika Utara dengan sebutan DiskOnkey yang telah diproduksi oleh perusahaan Israel, M-Systems. Pertama kali IBM USB flash drive tersedia yaitu pada 15 Desember 2000, flash drive hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 8 MB, yang menjadikan flash drive memiliki kapasitas lima kali lebih besar dari kapasitas disket.


Pada tahun 2002, Netac Technology yang merupakan sebuah perusahaan elektronik yang berasal dari Shenzen, China, berpendapat bahwa mereka telah menciptakan flash drive pada akhir tahun 1990 dan menjadi perangkat yang telah dipatenkan di China. Trek Technology dan Netac Technology berusaha untuk melindungi klaim paten yang telah mereka buat. Sayangnya, saat ini perusahaan yang telah memproduksi flashdisk tidak memperhatikan bahwa hak paten tersebut merupakan milik perusahaan Trek Technology dan Netac Technology.

Di era modern ini Flashdisk sudah memiliki banyak merek seperti, Sandisk, Samsung, Toshiba, dan bahkan masih banyak lagi merek Flashdisk lainnya. Masing-masing vendor lebih menonjolkan kapasitas yang besar serta kecepatan transfer yang mencapai 50 mb/S.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.