Untung Rugi Membeli Obligasi sebagai Alternatif Investasi

Investasi

Rilisan instrumen investasi dari pemerintah, obligasi, memicu sejumlah pertanyaan khususnya bagi para pemula. Apakah obligasi ini bisa dijadikan sebagai pilihan jangka menengah-panjang? Bagaimana dengan risiko yang dimiliki? Dan apakah keuntungan yang diberikan cukup sepadan?  Cara membeli obligasi pemerintah yang semakin mudah berhasil menarik minat, namun pertanyaan tersebut tetap harus terjawab.

Mengapa Memilih Investasi Obligasi Pemerintah?

Obligasi (Investment in Bonds) merupakan istilah surat ataupun sertifikat pernyataan utang pihak penerbit kepada pihak pemegang (investor). Pihak penerbit obligasi merupakan pihak yang berutang, sementara pemegang obligasi merupakan pihak yang memberi pinjaman. Suatu obligasi juga mencatumkan jatuh tempo pembayaran dan bunga (kupon) yang kemudian menjadi tanggunan penerbit atas pemegang obligasi.

Saat pemerintah menerbitkan obligasi, maka para investor yang ingin memilikinya bisa mendapatkannya melalui mitra distribusi resmi. Mitra ini antara lain bank serta lembaga sekuritas. Salah satu mitra distribusi yang juga memudahkan proses investasi adalah tanamduit. 

Membeli obligasi pemerintah ini, meskipun resmi tetap memiliki untung rugi sebagai instrumen investasi. Dengan demikian, Anda yang berminat untuk membelinya perlu mempertimbangkan terlebih dahulu keuntungan dan kerugian dibalik investasi ini.   

Beberapa keuntungan dari obligasi pemerintah ini antara lain profit dari kupon yang meliputi kupon tetap, kupon mengambang atau bahkan tanpa kupon. Anda juga bsia mendapat keuntungan dari selisih harga obligasi setelah diperdagangkan (% capital gain). Keuntungan lain dari obligasi pemerintah adalah keamanan, dimana pembayaran pokok dan kupon dijamin oleh undang-undang. Kupon yang nilainya lebih tinggi dibanding bunga deposito ini juga bisa dijaminkan sebagai agunan.

Sementara kekurangan dari obligasi ini, meskipun kecil peluangnya, antara lain risiko gagal bayar yang tidak akan terjadi pada obligasi pemerintah. Obligasi juga rentan terhadap terjadinya perubahan suku bunga, ekonomi hingga kondisi politik. Jika harga jualnya di pasar sekunder lebih rendah, bisa saja pemegan obligasi merugi. 

Anda bisa mempelajari terkait obligasi pemerintah ini melalui perusahaan fintech yang mudah terjangkau. Anda bisa mendownload aplikasi seoerti tanamduit untuk mempelajari dan membeli obligasi karena perusahaan ini merupakan salah satu mutra distibusi. Anda juga bisa beli asuransi disini karena tanamduit juga menawarkan produk finansial lain yang mungkin Anda perlukan.

Posting Komentar

0 Komentar