Kaum Milenial, Ini Tips Mudah Membeli Mobil Secara Kredit!

 

Tips Beli Mobil Kredit

Saat ini, membeli mobil memang semakin memudahkan kaum milenial karena tak perlu lagi menabung selama bertahun-tahun hingga sejumlah harga mobil. Sebab ada layanan kredit kendaraan yang bisa diambi dari perusahaan leasing terbaik di Indonesia. Anda hanya perlu mengumpulkan uang senilai pembayaran awal kredit yang dibutuhkan untuk bisa mewujudkan impian memiliki mobil.

Namun, proses pengajuan kredit mobil sering membuat bingung terutama untuk yang baru pertama kali. Untuk membantu Anda, berikut ini aadalah tips yang bisa diterapkan saat berencana membeli mobil:

Tentukan tujuan membeli mobil

Rata-rata kaum milenial banyak yang membeli kendaraan pribadi setelah mendapatkan pekerjaan mereka karena tidak mau terlalu bergantung pada transportasi publik. Namun, ada juga yang tertarik memiliki mobil karena ingin menjadikannya sebagai aset. Apa pun alasannya, alangkah baiknya tentukan terlebih dahulu tujuan membeli mobil tersebut. Menentukan tujuan membeli mobil, tentu saja dapat membantu Anda dalam memilih hal-hal krusial seperti jenis mobil, besaran cicilan, hingga biaya-biaya di luar utang pokok yang harus dianggarkan.

Pertimbangkan Down Payment (DP) besar

Tidak mau merasa terbebani saat membayar cicilan bulanan? Pertimbangkan down payment atau uang muka yang besar saat membeli mobil secara kredit. Dengan membayar uang muka yang lebih besar, tentu angsuran yang harus Anda bayar setiap bulannya akan menjadi lebih ringan. Untuk itu, menyiapkan DP besar di awal sangat disarankan untuk Anda jika berencana membeli mobil dengan cara kredit. 

Perhatikan masa pinjaman atau tenor

Selain down payment, masa pinjaman atau tenor adalah faktor lain yang harus Anda cermati saat berencana membeli mobil secara kredit. Sebab, semakin panjang masa pinjaman yang diambil, maka beban cicilan yang harus dibayar akan menjadi lebih ringan. Akan tetapi, harga mobil bisa menjadi lebih mahal. Sebaliknya, semakin singkat masa pinjaman, biasanya beban cicilan yang dibayar menjadi lebih besar tapi harga mobilnya menjadi lebih murah.

Kebutuhan pribadi atau bersama

Mobil LCGC atau mobil ramah lingkungan biasanya memang banyak dipilih kaum milenial karena cicilannya lebih murah. Akan tetapi, jenis kendaraan seperti ini tak bisa menampung penumpang terlalu banyak atau hanya bisa dipakai untuk kebutuhan pribadi saja. Jika Anda sudah berencana punya keluarga dalam waktu dekat, sebaiknya memilih jenis kendaraan yang daya tampungnya lebih besar, misalnya MPV, saja.

Selalu menyiapkan tabungan darurat

Jangan lupa untuk menyiapkan tabungan darurat yang nantinya bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan tak terduga. Atau, untuk biaya-biaya tambahan yang harus dilunasi selain cicilan mobil seperti biaya pemeliharaan, asuransi, dan lain sebagainya. Pastikan tabungan darurat tersebut tidak menyatu dengan tabungan lain.

Itu dia beberapa tips yang bisa dipertimbangkan kaum milenial jika berencana membeli mobil kredit. Selalu perbarui informasi terkait jenis mobil dan harga yang dikenakan, dengan demikian Anda tentu bisa mempersiapkan bujet yang pas dan dapat mengurus pengajuan kredit mobil baru Anda pada pihak leasing.


Posting Komentar

0 Komentar