4 manfaat dari berdzikir asmaul husna setiap hari

Dzikir

Salah satu amalan ibadah yang biasa di perbanyak adalah berdzikir. Salah satu berdzikir yaitu dengan menyebutkan asmaul husna dan artinya. Sebagai seorang umat muslim pasti kita semua sudah mengetahui tentang asmaul husna bahkan asmaul husna juga sekarnag bisa dihapalkan dengan nada-nada lagu yang indah. Asmaul husna adalah 99 nama yang dimiliki oleh Allah. Asmaul husna atau nama-nama Allah inilah yang melambangkan dan memperlihatkan betapa besarnya kekuasaan Allah SWT, hanya Allah lah tempat kita sebagai hambanya untuk meminta,dan tiada Tuhan selain Allah. Asmaul husna ada agar seluruh umat muslim mengetahui dan faham atas kekuasaan Allah SWT. Ada banyak keajaiban dan juga keistimewaan dari asmaul husna. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-A’raaf ayat 7, yang bunyinya yaitu ‘Dan milik Allah-lah nama-nama indah, dan mohonlah kepadanya dengan menyebut nama-nama tersebut’. bukan hanya itu saja, Rasulullah juga bersabda, ‘Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga’ (HR Bukhari dan Muslim).

Bisa kita lihat bahwa membaca dan memahami asmaul husna merupakan hal yang penting yang bisa dilakukan oleh orang muslim. Pada artikel kali ini kami akan memberi tahu kalian beberapa manfaat yang di dapatkan saat kita membaca asmaul husna.

1. Mendapat keselamatan

Allah adalah pelindung kita dari segala bahaya yang ada di hidup kita. Kita sebagai umat muslim harus senantiasa meminta perlindungan kepada allah agar hidup kita selamat. Dengan membaca asmaul husna secara terus menerus maka kita akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT. Beberapa nama Allah yang memiliki makana perlindungan adalah al-mani’u, al-mughsitu dan juga yang lainnya.

2. Mendapat ampunan

Sebagai manusia biasa kita pastinya tidak sempurna dan tidak pernah luput dari dosa. Hampir tiap hari baik secara sengaja ataupun tidak, baik hal yang disadari atau tidak disadari kita selalu berbuat dosa baik kecil maupun dosa besar. Dengan begitu kita sebagai seorang muslim wajib untuk meminta ampunan kepada allah SWT. Dengan membaca nama-nama Allah atau asmaul husna secara rutin insyaallah dosa-dosa kita yang pernah kita perbuat baik secara tidak sengaja maupun sengaja akan diampuni oleh Allah, seperti salah satu nama-Nya  yaitu al-affuwu yanga rtinya adalah maha memberi ampunan.

3. Membuka Pintu Rezeki

Allah maha kaya, Allahlah yang memberikan kita segala rezeki. rezeki yang kita terima merupakan sesuatu yang sudah ditakdirkan oleh Allah sesuai dengan apa yang kita lakukan dan kita usahakan. Kita sebagai umat muslim untuk mencari rezeki kita harus melakukan pekerjaan yang halal, jangan lupa untuk sholat dhuha agar membuka pintu rejeki kita. Namun ada cara lain yang bisa membantu manusia dalam mencari rezeki, yaitu dengan membaca nama-nama allah atau Asmaul husna. Dalam asmaul husna ada beberapa nama Allah yang menunjukkan bahwa Allah maha kaya, dan jika dibaca secara rutin niscaya pintu rezek kita akan terbuk. Nama-nama allah yang memperlihatkan kekayaannya yaitu al-mughni, al ghaniyyu, dan lainnya. 

4. Menyembuhkan kita penyakit

Semua orang akan pergi kedokter dan minum obat saat dirinya sakit. Perlu kita ketahui juga bahwa pergi kedokter dan meminum obat adalah perantara, penyembuh dan obat sesungguhnya dari segala penyakit adalah Allah. Allah akan memberikan kehendak berupa kesembuhan semua penyakit pada seseorang baik sakit fisik maupun hati jika mereka berdoa dengan tulus kepadanya, untuk meminta penyembuhan pada allah kita bisa juga membaca asmaul husna, karena ada nama Allah yang menunjukkan bahwa Allah memiliki sifat penyembuh, yaitu  ad-dhar dan an-nafi’. 

Posting Komentar

0 Komentar