Tips Tepat Untuk Merawat Air Purifier Agar Tidak Mudah Rusak

 

Air Purifier Terbaru

Pada dasarnya, air purifier dipilih karena memiliki fungsi yang baik untuk menyaring udara kotor. Dengan menggunakan produk ini, tentu Anda akan mendapatkan udara dalam ruangan yang cenderung lebih bersih sehingga risiko asma, alergi dan gangguan kesehatan lainnya bisa diminimalkan dan dicegah dengan baik.

Nah, jika Anda termasuk pengguna produk ini di rumah, salah satu hal yang perlu diketahui adalah perawatan. Tentu, air purifier memerlukan perawatan secara berkala. Perawatan yang dilakukan nantinya akan membuat performa produk ini senantiasa baik dan air purifier cenderung lebih tahan lama.

Lantas, bagaimana saja tips tepat untuk membersihkan produk air purifier tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Tips Mudah Untuk Merawat Air Purifier

Sebenarnya, perawatan air purifier bisa dilakukan dengan cukup mudah. Oleh karenanya, Anda bisa melakukannya sendiri dan tidak perlu memanggil tukang.

Adapun beberapa tips yang perlu dilakukan untuk merawat air purifier agar tidak mudah rusak adalah sebagai berikut:

1) Bersihkan bagian filter

Salah satu tips untuk merawat air purifier yang paling penting adalah membersihkan filter. Hal ini cukup beralasan karena pada dasarnya, filter juga termasuk bagian paling esensial pada air purifier.

Umumnya, filter pada produk air purifier cenderung mudah untuk dilepas. Namun, sebelum melepas filter, bersihkan area di sekitar filter dengan menggunakan kuas.

Filter pada air purifier bisa langsung dibersihkan dengan kuas ataupun dengan lap basah. Apabila kotoran yang menempel pada filter cenderung susah untuk dibersihkan, Anda bisa menggunakan campuran air jeruk nipis. Jangan lupa untuk mengeringkan filter setelah dibersihkan.

Hanya saja, ada waktunya filter air purifier harus diganti. Jika filter mengalami kerusakan yang berdampak pada performa air purifier yang cenderung menurun, ada baiknya Anda segera melakukan penggantian. 

2) Membersihkan air tangki

Selain membersihkan filter, hal penting lain yang perlu dilakukan untuk perawatan air purifier adalah membersihkan air tangki. Bagian tangki air pada produk air purifier umumnya terletak di sebelah filter.

Jika letak air tangki sudah ditemukan, lepas dan keluarkan airnya. Mungkin, proses ini akan cenderung susah karena bentuk tangki yang banyak lekukan. Namun, Anda bisa menyiasati dengan melepas tangki perlahan.

Setelah tangki berhasil dilepas, bersihkan dengan menggunakan air hangat. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian tangki yang cenderung lebih berdebu.

3) Tips tambahan untuk membersihkan air purifier

Selain kedua tips di atas, ada tips tambahan yang perlu dilakukan saat membersihkan air purifier. Salah satu tips tambahan yang perlu diperhatikan adalah hindari melakukan penekanan udara yang terlalu kencang. Hal ini cukup penting karena penekanan udara yang terlalu kencang nantinya akan merusak bagian filter.

Juga, untuk membersihkan bagian air purifier, hindari menggunakan vacuum cleaner. Pasalnya, penggunaan vacuum cleaner nantinya juga bisa merusak bagian dalam air purifier. Oleh karenanya, ada baiknya Anda menggunakan lap basah saja.

Hal terakhir yang cukup krusial untuk membersihkan air purifier adalah jangan lupakan bagian luar air purifier. Bagian permukaan air purifier tentu harus senantiasa dibersihkan karena bisa jadi bagian tersebut menjadi tempat menempel debu dan kotoran lainnya.

Beberapa tips di atas bisa diterapkan untuk membersihkan produk air purifier yang Anda gunakan. Tentu, untuk mendapatkan hasil terbaik, maka Anda harus membersihkan air purifier secara teratur. Namun, jika air purifier mengalami kerusakan yang cukup serius, jangan segan untuk memanggil ahli.


Posting Komentar

0 Komentar