Teknologi Dan Elemen Jaringan Nirkabel

Jaringan Nirkabel

Teknologi Dan Elemen Jaringan Nirkabel - Jaringan nirkabel Jaringan telekomunikasi dan instalasi komersial adalah salah satu cara untuk menghindari masuknya kabel yang mahal dalam komunikasi antar gedung atau fasilitas penyimpanan.

Jaringan telekomunikasi admin umumnya dilaksanakan dan dikelola menggunakan komunikasi radio. Implementasi ini berlangsung pada tingkat fisik (lapisan) dari struktur jaringan model OSI. Contoh Jaringan Nirkabeltermasuk jaringan telepon seluler, jaringan area lokal nirkabel (WLAN), jaringan sensor nirkabel, jaringan komunikasi satelit, dan jaringan gelombang mikro terestrial.

Teknologi Yang Mendasari 

Kemajuan teknologi nirkabel MOSFET (MOS transistor) memungkinkan pengembangan jaringan nirkabel digital. Adopsi yang luas dari perangkat RF CMOS ( radio frequency CMOS ), power MOSFET dan LDMOS (lateral diffused MOS) menyebabkan pengembangan dan proliferasi jaringan nirkabel digital pada tahun silam, dengan kemajuan lebih lanjut dalam teknologi MOSFET yang mengarah pada peningkatan bandwidth pada tahun lalu ( hukum Edholm ) Dan untuk itu Anda bisa kunjungi https://skaternet3d.com/untuk info penting lainnya.

Sebagian besar elemen penting dari jaringan nirkabel dibangun dari MOSFET, termasuk transceiver seluler, modul stasiun pangkalan, router, penguat daya RF, sirkuit telekomunikasi, sirkuit RF, dan transceiver radio, dalam jaringan seperti 2G, 3G, dan 4G.

Tautan Nirkabel

Gelombang mikro terestrial

Komunikasi gelombang mikro terestrial menggunakan pemancar dan penerima berbasis Bumi yang menyerupai piringan satelit. Gelombang mikro terestrial berada dalam kisaran gigahertz rendah, yang membatasi semua komunikasi ke garis pandang. Stasiun relay berjarak sekitar 48 km (30 mil).

Satelit komunikasi 

Satelit berkomunikasi melalui gelombang radio microwave, yang tidak dibelokkan oleh bumi atmosfer. Satelit ditempatkan di ruang angkasa, biasanya di orbit geosynchronous 35.400 km (22.000 mil) di atas khatulistiwa. Sistem yang mengorbit Bumi ini mampu menerima dan menyampaikan sinyal suara, data, dan TV.

Sistem seluler dan PCS menggunakan beberapa teknologi komunikasi radio. Sistem membagi wilayah yang dicakup menjadi beberapa wilayah geografis. Setiap area memiliki pemancar berdaya rendah atau perangkat antena relai radio untuk menyampaikan panggilan dari satu area ke area berikutnya.

Teknologi radio dan spread spectrum 

Jaringan area lokal nirkabel menggunakan teknologi radio frekuensi tinggi yang mirip dengan seluler digital dan teknologi radio frekuensi rendah. Wireless LAN menggunakan teknologi spread spectrum untuk memungkinkan komunikasi antara beberapa perangkat di area terbatas. IEEE 802.11 mendefinisikan cita rasa umum dari teknologi gelombang radio nirkabel standar terbuka yang dikenal sebagai Wi-Fi .

Komunikasi optik ruang bebas menggunakan cahaya tampak atau tidak terlihat untuk komunikasi. Dalam kebanyakan kasus, propagasi line-of-sight digunakan, yang membatasi posisi fisik perangkat komunikasi.

Bagaimana Elemen Di Jaringan Nirkabel?

Jaringan telekomunikasi pada lapisan fisik juga terdiri dari banyak elemen jaringan kabel yang saling berhubungan (NEs). NE ini dapat berupa sistem atau produk yang berdiri sendiri yang dipasok oleh satu pabrikan atau dirakit oleh penyedia layanan (pengguna) atau integrator sistem dengan suku cadang dari beberapa pabrikan yang berbeda. 

Wireless NEs adalah produk dan perangkat yang digunakan oleh operator nirkabel untuk memberikan dukungan untuk jaringan backhaul serta mobile switching center (MSC). Layanan nirkabel yang andal bergantung pada elemen jaringan pada lapisan fisik untuk dilindungi terhadap semua lingkungan operasional dan aplikasi (lihat GR-3171, Persyaratan Umum untuk Elemen Jaringan yang Digunakan dalam Jaringan Nirkabel Kriteria Lapisan Fisik ). 

Yang sangat penting adalah NEs yang terletak di menara sel ke kabinet base station (BS). Perangkat keras tambahan dan posisi antena serta penutup dan kabel terkait harus memiliki kekuatan, ketahanan, ketahanan korosi, dan ketahanan yang memadai terhadap angin, badai, lapisan es, dan kondisi cuaca lainnya.

Persyaratan untuk masing-masing komponen, seperti perangkat keras, kabel, konektor, dan penutup, harus mempertimbangkan struktur tempat komponen tersebut dipasang.Demikianlah Artikel yang saya tulis tentangTeknologi, Tautan, Dan Elemen Jaringan Nirkabel semoga bermanfaat, terimakasih.


Posting Komentar

0 Komentar