Berbagai Jenis Susu Anak 1 Tahun

Susu Anak 1 Tahun

Ada beberapa orang tua yang merasa khawatir terhadap anaknya yang beranjak usia 1 tahun apakah air susu ibu (ASI) sudah cukup memenuhi asupan nutrisi anak susu anak 1 tahun. Dikarenakan anak yang mulai beranjak usia satu tahun sedang memasuki masa dimana anak sedang aktif aktifnya mengeksplor berbagai kemampuan barunya seperti merangkak, berdiri, berjalan dan belajar berbicara serta mulai makan MPASI. Anak 1 tahun memerlukan nutrisi yang lebih banyak daripada kebutuhan diusia sebelum 1 tahun.


Hal ini menjadi alasan beberapa orang tua memberikan tambahan susu formula sebagai nutrisi tambahan bagi anaknya. 


Saat ini ada banyak sekali produk susu untuk usia 1 tahun keatas yang beredar dan bisa dibeli dengan mudah di warung atau minimarket. Jumlah macamnya yang banyak membuat menemukan susu anak 1 tahun yang cocok dengan anda menjadi tidak semudah yang dibayangkan.


Ada berbagai jenis susu populer yang perlu diketahui orang tua :


1. Susu Formula (Sapi)

Kebanyakan susu formula yang ada saat ini merupakan susu sapi yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak dalam keseimbangan yang tepat. Protein dalam susu formula khusus untuk anak sudah mengalami perubahan sehingga membuatnya lebih mudah untuk dicerna anak.


Berbeda dengan susu sapi biasa untuk orang tua yang mengandung protein yang lebih sulit dicerna anak. Jenis susu formula dari sapi ini merupakan susu yang paling banyak di konsumsi anak saat ini


2. Susu Formula (Kedelai)

Biasanya susu formula dari kedelai atau susu soya dipilih bagi anak yang alergi terhadap susu sapi. 


Lebih lengkapnya susu formula kedelai biasanya dibutuhkan untuk anak : 

Aergi susu sapi yang berhubungan dengan immunoglobulin E (IgE)

Kekurangan laktase bawaan

Intoleransi laktosa sementara karena infeksi gastrointestinal

Galaktosemia


3. Susu UHT

Susu UHT merupakan susu yang dipanaskan dengan teknologi pemanasan tinggi untuk membunuh semua mikroorganisme di dalamnya.


High Temperature Short Time (HTST) adalah metode pemanasan singkat dengan suhu 140 sampai 145 Celcius selama 4 detik yang mampu membunuh bakteri berbahaya dengan tetap menjaga nutrisi yang ada di dalam susu.


Di suhu yang sangat tinggi ini, semua bakteri pembawa penyakit berbahaya termasuk spora dan enzim yang merusak susu akan mati. Susu yang telah dipanaskan kemudian langsung dimasukkan ke dalam wadah sehingga bakteri dari luar tidak berkesempatan untuk masuk dan mencemari susu.


Dengan sistem pemanasan yang sangat tinggi ini, susu UHT memiliki umur simpan yang lebih panjang di dalam suhu ruangan. Bahkan, jika segelnya belum dibuka susu UHT susu anak 1 tahun bisa disimpan tanpa lemari pendingin hingga sembilan bulan dengan kualitas yang tidak berkurang.


Posting Komentar

0 Komentar