Jangan Sampai Salah! Kenali Perbedaan Cleansing Balm dan Cleansing Oil

 

CleansingBalm


 
Trend double cleansing semakin banyak dipraktikkan sehingga industri skincare berlomba-lomba menghadirkan produk pembersih yang beragam. Terlebih lagi, polusi udara kini kian meningkat sehingga kulit wajah sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu produk skincare yang diincar banyak orang yaitu cleansing balm.


Selain itu, sabun pembersih lainnya juga mulai bermunculan seperti cleansing. Ketiganya memiliki tekstur yang berbeda dengan kandungan utama yang sama. Kebanyakan orang bingung dengan perbedaan cleansing balm dan cleansing oil sehingga salah pilih produk yang cocok untuk kulit. Agar tidak salah, yuk kenali perbedaan kedua cleansing tersebut di bawah ini.


Perbedaan Cleansing Oil dan Balm


1. Higienis

Seperti namanya, cleansing oil berupa minyak dan hadir dalam kemasan botol. Dengan begitu, formulanya tidak terekspos pada udara. Berbeda dengan cleansing balm yang membutuhkan spatula atau jari untuk mengambilnya. Terlebih lagi, spatula kecil rentan hilang.


2. Kepraktisan

Cleansing balm dinilai tidak mudah berantakan atau tumpah karena formulanya yang padat. Tidak sama dengan cleansing oil yang mudah tumpah karena berupa minyak apalagi jika tidak tertutup dengan rapat. Akibatnya, tempat make up menjadi basah dan berminyak yang menyebabkan berantakan.
Formula pembersih balm juga tidak menyusahkan penggunanya saat traveling dengan cabin bag. Anda tidak perlu khawatir skincare disita di bandara sebelum bepergian. Bahkan, formulanya cenderung lebih mudah dipindahkan ke dalam jas atau wadah kecil travel size untuk traveling.


3. Formula

Bagi anda yang tidak suka skincare menimbulkan efek berminyak pada kulit, pembersih balm cocok digunakan. Sebab, bahannya mengandung minyak kelapa, kamomil dan lipid oat yang melembabkan kulit. Minyaknya mampu menarik minyak sehingga kulit tidak akan memproduksi terlalu banyak minyak dan kadarnya lebih seimbang.


4. Penggunaan

Penggunaan balm memang cenderung lebih sulit dilakukan daripada cleansing oil. Sebab, anda perlu menyendok produk serta memijatnya pada kulit wajah hingga emulsi. Maka dari itu, sebagian orang lebih memilih cleansing oil karena belum terbiasa dengan formula padat. Namun, cara kerja balm tidak kalah efektif dalam membersihkan kotoran, debu dan sisa makeup.


5. Hasil Kerja Cleansing

Perlu diketahui bahwa cleansing oil lebih praktis dan digunakan sehari-hari setelah memakai riasan ringan dan sunscreen saja. Anda hanya perlu menuangkan 2-3 tetes pada telapak tangan dan aplikasikan pada kulit wajah yang kering. Berbeda dengan cleansing balm yang mampu membersihkan riasan berat sekalipun dengan efektif.


Dengan tekstur padat, pembersih balsam memiliki cleansing power lebih kuat daripada formula oil. Tidak heran jika mampu mengangkat riasan tebal seperti foundation, eyeliner, eyeshadow, riasan alis, dan sejenisnya. Bahkan, cleansing ini mampu membersihkan ke dalam pori-pori kulit sekaligus secara efektif.


6. Jenis Kulit

Anda dapat mengetahui perbedaan kedua jenis cleansing dari penggunaannya untuk jenis kulit. Cleansing oil cocok digunakan untuk kulit berminyak karena mampu menarik minyak. Tidak hanya itu, cleansing ini juga bagus digunakan bagi pemilik kulit kering dan sensitif. Sebab, terbuat dari bahan alami dan natural yang sangat dianjurkan bagi kulit sensitif.


Sementara itu, cleansing balm dapat digunakan untuk segala jenis kulit karena teksturnya yang lembut, tidak menimbulkan iritasi kulit, menjaga kelembaban, skin barrier dan pH. Pemakaiannya sangat dianjurkan bagi pemilik kulit kering karena mampu menarik minyak dan membersihkan wajah secara merata.


Demikian penjelasan mengenai apa saja perbedaan dari cleansing oil dan balm yang perlu dipelajari sebelum membeli. Dengan begitu, anda tidak akan salah pilih lagi untuk mendapatkan produk pembersih wajah. Buttonscarves Beauty menyediakan berbagai pilihan skincare untuk merawat kebersihan dan kesehatan kulit anda.

Posting Komentar

0 Komentar