Mengenal 5 Jenis Diet Sehat Alami


Tips Diet Sehat Alami


Saat ingin melakukan program diet, kita perlu mempelajari jenis dan tips diet yang akan kita lakukan. Pastikan bahwa program diet yang akan kita jalani sesuai dengan kemampuan tubuh kita masing-masing. Jangan sampai diet kita justru berakhir timbulnya berbagai gangguan kesehatan tubuh. Ada beberapa contoh diet terkenal yang bisa kita coba : 

1. Program Diet 5:2
Diet ini menjadwalkan kita untuk makan selama 5 hari dalam satu minggu, sedangkan 2 hari sisanya kita diharuskan untuk berpuasa. Diet 5:2 mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2, melindungi kita dari demensia dan alzheimer, serta menurunkan resiko kanker payudara. Diet ini juga bisa mengingkatkan fungsi kognitif serta menurunkan resiko obesitas. Efek sampingnya adalah kita bisa mudah pusing, dehidrasi, mengantuk, susah berkonsentrasi, mudah marah, hingga sulit tidur.

2. Program Diet Paleo
Diet Paleo adalah diet sehat yang menganjurkan kita untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan selayaknya manusia pada jaman prasejarah seperti sayuran, ikan, daging tanpa lemak, minyak nabati, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Dalam diet paleo, kita dianjurkan untuk menghindari gula, ubi, garam, sereal, berbagai jenis produk susu, kentang, serta makanan atau minuman olahan. Efek samping dari program diet ini adalah kita bisa menjadi cepat bosan dengan menu makanan kita. Selain itu, asupan kalsium dan karbohidrat dalam tubuh pun tidak tercukupi. Diet paleo juga memerlukan biaya yang cukup mahal sebab kita perlu membeli makanan organik. 

3. Program Diet Mayo
Diet Mayo diperkenalkan oleh Mayo Clinic yang teruji dengan pengalaman klinis dan penelitian. Menu diet ini bisa mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, insomnia, dan darah tinggi. Diet Mayo menyajikan piramida makanan dengan sayur dan buah sebagai komoditas yang lebih banyak dikonsumsi. Lalu asupan susu, karbohidrat, serta daging pun tercantum, namun dengan konsumsi gula yang dibatasi. Diet Mayo juga memberikan program olahraga atau aktivitas fisik untuk kita. 

4. Program Diet Atkins
Diet Atkins dilakukan dengan tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali, dan menggantinya dengan makanan yang banyak mengandung lemak dan protein. Lemak digunakan untuk menggantikan fungsi karbohidrat sebagai sumber tenaga. Sayangnya, program ini memiliki resiko terhadap kesehatan jantung. Selain itu, efek sampingnya sama dengan diet 5:2.

5. Program Diet Dukan

Diet Dukan menekankan kita untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak dan karbohidrat, dan memprioritaskan makanan yang tinggi protein. Diet ini sengaja dirancang untuk menekan nafsu makan sehingga kita tidak mudah lapar. Diet Dukan memberikan 100 jenis makanan yang terdiri dari 28 sumber nabati dan 72 sumber hewani. Kita boleh makan dalam jumlah berapa pun asalkan bukan merupakan makanan yang tidak terdaftar dalam 100 makanan tersebut. Efek samping diet dukan bisa menimbyknan sembelit, kurang gizi, mulut kering, mudah lelah, kehilangan massa otot dan cairan tubuh, bahkan hingga kerusakan hati dan ginjal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.