Macam-macam Ukuran PIPA PVC dan Kegunaannya

Pipa air yang kerap digunakan sebagiann saluran air ada banyak jenisnya, mulai dari pipa besi, pipa PVC, dan juga pipa HDPE. Dan kali ini kita akan bahas mengenai pipa PVC yang terbuat dari plastik dan perpaduan vinyl. PVC atau Polyvinyl Chloride ini merupakan jenis pipa air yang tidak mudah berkarat ataupun busuk, jadi pipa air yang satu ini jauh lebih tahan lama dan tidak mudah rusak jika dibandingkan dengan pipa air jenis lainnya. Pipa PVC ini paling sering digunakan untuk keperluan irigasi atau digunakan sebagai pelindung kabel. Pipa ini memiliki ukuran dan juga ketebalan yang beragam, dan tentu saja ukuran serta ketebalannya ini dibuat tidak hanya sekedar untuk variasi saja, tapi ketebalan ukuran tersebut dibuat untuk disesuaikan dengan penggunaan pipanya.  

Pipa PVC

Untuk ukuran pipa di Indonesia, biasanya standarnya masih berbeda tergantung lingkupnya. Jika untuk rumah tangga standarnya tergantung dari JIS, maka untuk penggunaan ukuran pipa PDAM, kita mengikuti standar Nasional atau SNI. Berikut adalah beberapa macam ukuran pipa PVC yang masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda. Ukuran ini biasanya menggunakan satuan inc dimana ukurannya dimulai dari ukuran AW hingga C5. Langsung saja kita ke ukuran yang pertama yaitu AW, dimana ukuran ini adalah yang paling tebal untuk ukuran pipa pvc.  

Ukuran pipa yang tebal ini biasanya digunakan untuk saluran perairan yang mempunyai tekanan. Sedangkan ukuran yang kedua yaitu ukuran D dimana tidak setebal ukuran AW tebalnya. Ukuran pipa yang satu ini digunakan untuk saluran yang biasanya tidak memiliki tekanan yang besar, misalnya saja untuk saluran pembuangan air atau semacamnya. Sedangkan ukuran lainnya yaitu ukuran C yang merupakan ukuran pipa pvc paling tipis. Untuk ukuran yang satu ini tidak bisa digunakan untuk saluran air yang tidak memiliki tekanan dan hanya bisa digunakan untuk keperluan saluran pembuangan saja.  

Setelah dibagi menjadi 3 jenis pipa dengan ketebalan yang berbeda, pipa pvc juga memiliki fungsi yang berbeda berdasarkan ukurannya dimana sekitar 14 pilihan ukuran yang disesuaikan untuk pemakaiannya. Ukuran angka ini terbagi menjadi ukuran 5/8” atau sekitar 17mm, ukuran ½” setara dengan 22mm, ¾” dengan ukuran 26mm, hingga ukuran 10” dengan ukuran 267mm. Untuk lebih detailnya, kegunaan pipa ini berdasarkan ukurannya adalah C 1/5/8 untuk pelindung kabel listrik.  

Beda lagi dengan ukuran AW ½ dan ¾ digunakan untuk supply air di rumah tangga, jika debit airnya lebih besar maka anda butuh ukuran yang lebih besar. Sedangkan ukuran D 2 ½. 3. Dan juga 4 biasa digunakan untuk air buangan yang ada di rumah tangga. Sebenarnya ukuran C juga bisa digunakan untuk saluran air yang ini, tapi akan lebih baik jika menggunakan ukuran D ini karena lebih aman dan tidak perlu ditanam di tembok untuk beberapa alasan. Hal tersebut untuk mengantisipasi adalah mc mampet atau buntu. 
Itu dia beberapa ukuran dari pipa PVC serta kegunaannya yang dapat anda gunakan sebagai referensi jika ingin membeli pipa PVC. Lebih baik memilih ukuran yang tepat dengan untuk hasil yang baik terutama jika anda ingin pipanya lebih tahan lama dan kuat. Jika pemasangan tidak sesuai dengan kebutuhan, bisa-bisa baru dipasang pipa anda telah mengalami kerusakan dan tentu anda harus mengeluarkan budget lebih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.