Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, kebutuhan nutrisi dan vitamin sangat penting.Terpenuhinya kebutuhan tersebut salah satunya berasal dari asam folat. Sehingga tidak mengherankan bahwa banyak manfaat yang diberikan membuat pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil.

Asam Folat

Salah satu manfaat yang diberikan asam folat jika dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang si buah hati Anda nantinya.

Keunggulan Asam Folat
Asam folat merupakan jenis vitamin B yang dapat membantu tubuh ibu hamil memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru serta mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan tumbuhnya kanker. Asam folat dapat dikatakan sebagai bentuk sintesis dari vitamin B9 yang juga disebut folat.

Pentingnya asam folat bagi ibu hamil bahkan menjadi salah satu alasan mengapa semua produk susu hamil menyertakan keunggulan asam folat dalam kandungan susu mereka. Berikut beberapa manfaat asam folat bagi ibu hamil menurut Gue Sehat.

Asam folat berpedan membantu tabung saraf bayi berkembang pada otak dan sumsum tulang belakang, sehingga akan mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf tersebut.
Kondisi gangguan saraf dapat menyebabkan bayi mengalami kelainan pada saraf tulang belakang yang disebut dengan nama spina bifida dan gangguan pertumbuhan otak, anenchephal.
Kelebihan lain asam folat adalah mampu mencegah terjadinya bibir sumbing hingga kelainan jantung yang dapat dialami pada bayi yang baru saja lahir.
Manfaat pentingnya asam folat bagi ibu hamil yang paling utama adalah mencegah keguguran yang terjadi pada awal kehamilan.
Asam folat juga dapat mengobati anemia yang disebabkan kekurangan asam folat, selain itu konsumsi yang cukup dipercaya dapat mengurangi preeklamsia.

Asam folat ini bisa ditemukan seperti dalam makanan kacang kering, kacang polong, jeruk, produk gandum, apsaragus, bit, hati, kubis, brokoli dan bayam. Ibu hamil direkomendasikan mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

Mengonsumsi asam folat sebaiknya segera dilakukan sebelum Anda berencana untuk hamil, pada saat hamil para calon ibu mengonsumsi asam folat sebanyak 600 mikrogram, dan ketika menyusui sebanyak 500 mikrogram.

Posting Komentar

0 Komentar