Pilihan Permainan Anak yang Mendidik dari Mancanegara


Permainan Anak Yang Mendidik

Banyak jenis permainan anak yang mendidik yang bisa anda ajarkan kepada anak. Mendidik anak tidak hanya bisa dilakukan lewat sekolah maupun kegiatan belajar seperti membaca buku. Anak juga bisa mendapat banyak ilmu dan pengalaman dari permainan yang ia lakukan. 

Sangat penting bagi orang tua untuk memilih jenis permainan yang sifatnya mendidik untuk anak. Anak akan merasa lebih bersemangat dan senang jika anda mengajarkan sesuatu kepada mereka lewat sebuah permainan. Jika anak merasa bosan dengan permainan edukatif yang tradisional dan itu-itu saja maka anda bisa memilih untuk mengajak anak bermain permainan edukatif dari mancanegara.

Pilihan Permainaan Edukatif dari Mancanegara
Inilah dia beberapa pilihan permainan anak yang mendidik dari mancanegara :

1.    Scrabble
Scrabble merupakan jenis permainan dimana anak akan menyusun kata-kata berbahasa Inggris lewat papan permainan. Permainan ini menggunakan papan kemudian ada kubus-kubus mungil yang bertuliskan huruf-huruf dan harus disusun membentuk kata-kata.

2.    Lego
Lego merupakan permainan bongkar pasang dimana anak bisa membuat beragam bentuk dan menyatukan warna-warna lego yang mereka suka. Permainan ini akan mengasah kreativitas anak dan membuat anak menjadi lebih peka terhadap warna.

3.    Puzzle
Puzzle juga menjadi pilihan permainan edukatif yang akan membuat otak terangsang untuk terus berpikir. Permainan merangkai gambar ini akan menjadi permainan yang seru sekaligus merangsang kecerdasan anak. Permainan ini juga cocok dilakukan oleh anak-anak berbagai usia karena ada tingkat kesulitan yang bermacam-macam.

4.    Kinetic Sand
Kinetic sand merpakan jenis permainan yang sangat cocok untuk merangsang kemampuan motorik anak sekaligus perkembangan otak. Anak akan terlatih untuk lebih kreatif dengan membentuk kinetic sand menjadi beragam bentuk yang menarik sesuai dengan kreativitasnya.

5.    Rubik
Ruik menjadi salah satu pilihan permainan yang akan sangat membantu perkembangan otak anak. Rubik membantu merangsang otak anak untuk berpikir dan mengingat. Warna-warna pada balok rubik juga akan sangat membantu anak untuk mengenal beragam warna.
Sebenarnya, memilih permainan untuk anak yang bisa mengedukasi tidaklah sulit. Anda bahkan bisa membuat permainan sederhana dengan menggunakan kertas warna-warni. Karena untuk anak-anak maka disarankan anda memilih permainan yang melibatkan warna dan bisa merangsang kemampuan motorik serta kecerdasan otak anak.

Selain memberikan permainan yang sifatnya mendidik, anda juga perlu menjauhkan anak dari gadget. Pengaruh gadget sangatlah buruk karena bisa membuat otak anak malas untuk bekerja. Selain itu gadget juga bisa menyebabkan kertergantungan dan kerusakan mata.
Sebagai orang tua, bijaklah untuk memilih permainan anak yang mendidik. Pastikan anak tidak hanya merasa senang dengan melakukan permainan yang seru namun juga anak bisa mendapat manfaat dari permainan tersebut. Namun, demi keamanan anak, anda juga harus selalu mendampingi anak bermain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.