Jogja? Yogya? Yogyakarta? Berapa ya ongkosnya Jalan-Jalan Ke Kota Gudeg ini?

Wanderial
Figure 1

Satu hal yang tidak luput dari perencanaan berwisata, yaitu ongkosnya berapa? Di artikel ini, kami membantu merangkum ongkos dasar untuk liburan di Kota Kenangan, Yogyakarta atau akrab disebut Jogja ini. Yuk langsung simak aja artikelnya!

Transportasi
Untuk menuju ke kota ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, bus, atau kereta. Tetapi sebuah keuntungan lebih jika kamu menggunakan transportasi kereta menuju kota ini, sebab stasiun Yogyakarta merupakan tempat yang paling dekat untuk menuju Malioboro sehingga bisa dijangkau dengan jalan kaki. Selain itu kamu juga bisa menyewa kereta kuda atau andong dengan harga Rp 80.000 – Rp 100.000 untuk 5-7 orang sekali jalan keliling Malioboro atau lakukan penawaran pada kusir apabila ingin menggunakan dengan destitasi spesifik.

Mau explore lebih tentang wisata di Yogyakarta? Kamu bisa menyewa kendaraan seperti mobil atau sepeda motor. Harga yang dipatok cukup bervariasi, misalnya untuk mobil dengan kapasitas 4-5 orang, tanpa supir: Rp 200.000 – Rp 300.000 per 24 jam. Sementara jika menggunakan supir biasanya cukup menambah Rp 100.000. Untuk sepeda motor, harga sewanya mulai dari Rp 70.000 – Rp 150.000 per 24 jam dengan kelengkapan helm dan masker, dan bbm di awal pemakaian bergantung pada jenis sepeda motor yang disewa.

Wanderial.com Wisata Jogja
 Sumber: pexels.com[/caption]

Penginapan
Tidak perlu khawatir dengan harga penginapan di Yogyakarta jika kamu seorang backpacker, ada hostel dengan seharga Rp 50.000 per malam. Namun, mari kita anggap ongkos menginap dengan tempat yang baik dan standar sekitar Rp 100.000 per malam untuk di kota Yogyakarta. Lalu kita pergi ke kawasan wisata misalnya Kulon Progo atau Gunung Kidul; untuk dua destinasi ini penginapannya memiliki harga mulai dari Rp 150.000.

Kuliner
Pertama dari yang pertama kamu harus coba adalah, cari nasi gudeg yang menjadi khas dari kota ini. Panganan khas itu biasa dijual di warung-warung tradisional Yogyakarta yang tentu saja menjual ragam makanan lain. Selain itu, makanan pinggir jalannya juga wajib banget dicoba. Karena harganya yang bervariasi, kita anggarkan sebanyak Rp 100.000 untuk satu hari.

Penghitungan Ongkos Ala-ala Wisata ke Yogyakarta
Mari jumlahkan semuanya dengan kemungkinan menginap di Yogyakarta 3 hari 2 malam dari Jakarta:

Ongkos kereta (Jayakarta Premium) PP : Rp 220.000 (turun Statsiun Yogyakarta)
Naik andong satu putaran Mailoboro : Rp 80.0000 (D-1)
Sewa mobil sehari tanpa supir : Rp 200.000 (Untuk ke Kulon Progo/Gunung Kidul D-2)
Sewa motor matic sehari : Rp 70.000 (Untuk keliling Yogyakarta D-3)
Sewa penginapan semalam : Rp 150.000 (Untuk di Kulon Progo/Gunung Kidul N-1)
Sewa penginapan semalam : Rp 100.000 (Untuk di Yogyakarta N-2)
Kuliner selama 3 hari : Rp 100.000

Kalau ditotal, budget yang dibutuhkan adalah Rp 920.000. Tetapi harga ini belum termasuk tiket masuk ke tempat wisata dan wahana-wahana yang ada di dalamnya. Tentunya kamu dapat menekan angka pengeluaran ini dengan memilih destinasi wisata yang tepat dan perencanaan yang matang. Banyak tavel agency yang menawarkan paket jalan-jalan dengan harga murah agar kamu bisa jalan-jalan ke Jogja. Nah, salah satu tempat yang menawarkan harga murah yaitu Wanderial. Selamat berwisata!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.