Makanan Wajib Pada Wanita Hamil dan Menyusui

Mengalami mual-mual dan muntah pada saat kehamilan tentunya menjadi salah satu fase yang harus dilewati oleh seorang ibu hamil. Hal ini tentu sangatlah lumrah, namun bila dirasa mual dan muntahnya berlangsung secara tidak sehat, maka anda bisa meminum obat muntah aksi cepat ataupun lekas berobat ke dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. 

Obat Muntah Aksi Cepat

Rasa mual dan muntah pada ibu hamil ini biasanya diakibatkan oleh berbagai banyak hal, seperti diantaranya seperti sistem metabolisme yang berubah, meningkatnya kadar hormon estrogen pada ibu hamil, faktor psikologis seperti stress, pola makan yang tidak sehat, faktor gangguan enzim, dan masih banyak lagi yang lainnya. Terlebih pada poin menjaga makanan bagi ibu hamil, sebaiknya anda menghindari memakan makanan siap saji dan pedas-pedas, melainkan hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin dan nutrisi agar kesehatan janinnya juga terjamin.

Tak hanya sedang mengandung, saat sedang menyusui juga ada baiknya anda juga menjaga asupan makanan anda. Adapun berbagai makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui ataupun saat sedang mengandung adalah seperti makanan dan minuman yang mengandung vitamin B1, B6, B12, vitamin A, D, E, K dan C. Dan untuk mineralnya, bisa bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran, dan juga buah-buahan.

Dan selain itu, ada juga mikronutrien yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Apa sajakah itu? berikut diantaranya :

1. Kalsium
Setidaknya ibu hamil dan yang sedang menyusui membutuhkan asupan kalsium harian sebesar 1.200 mg. Makanan dan minuman yang mengandung kalsium ini bisa anda dapatkan dari susu, keju, yoghurt, ikan, tahu, bok choy, brokoli, kubis, dan juga lobak hijau. 

2. Zinc
Kebutuhan zinc pada tubuh ibu hamil dan menyusui tentu akan memiliki porsi yang besar dari wanita pada normal. Anda bisa mendapatkan makanan yang mengandung zinc ini dari daging sapi, daging ayam, makanan laut, biji-bijian, kacang-kacangan, telur dan lain sebagainya.

3. Magnesium
Saat sedang menyusui setidaknya tubuh memerlukan asupan magnesium sebesar 2 sampai 3 kali lebih banyak pada biasanya. Makanan yang mengandung magnesium ini seperti sayuran berwarna hijau, kerang, tiram dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.