Jenis Bohlam Lampu Mobil yang Harus Anda Ketahui

bohlam lampu mobil

Lampu merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah mobil. Hal ini lantaran lampu sangat dibutuhkan untuk menunjang visibilitas berkendara di malam hari dan saat cuaca sedang tidak bersahabat, seperti saat hujan lebat ataupun berkabut. Tipe bohlam lampu mobil yang digunakan antara kendaraan yang satu dengan yang lainnya bisa sangat berbeda-beda. Karena memang di pasaran jenis lampu mobil dijual dengan sangat beragam. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang membuat para pecinta mobil menggunakan salah satu yang memang sesuai dengan kebutuhannya.

Lampu mobil dengan penerangan yang bagus akan nyaman digunakan dalam berkendara. Selain itu penting juga demi keselamatan berkendara saat kondisi gelap atau dengan pencahayaan minim. Terdapat beberapa jenis mobil yang beredar do pasaran saat ini. Anda perlu mengetahui jenis-jenis lampu tersebut agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan mobil Anda. Untuk itu berikut bisa disimak jenis lampu mobil :

1. Bohlam Lampu Mobil Tipe Halogen
Salah satu jenis lampu mobil yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan penerangan pada mobil adalah lampu halogen. Jenis lampu ini bekerja dengan menggunakan filamen layaknya seperti pada lampu pijar. Halogen akan mengoperasikan filamen dalam suhu tinggi. Sehingga lampu bisa memancarkan cahaya lebih terang dan suhu warna lebih tinggi dibandingkan dengan lampu pijar rumahan. Kelebihan yang dimiliki lampu halogen adalah nyala cahayanya yang lebih terang dibandingkan dengan lampu pijar biasa. Selain itu lampu halogen merupakan tipe lampu mobil yang lebih terjangkau dibandingkan dengan lampu HID maupun LED. Kekurangan lampu ini terletak pada kebutuhan daya dan konsumsi listriknya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lampu pijar biasa.

2. Bohlam Lampu Mobil Tipe HID
Lampu HID atau High Intensity Discharge merupakan lampu yang bekerja dengan memanfaatkan pengapian gas Xenon yang terdapat dalam tabung. Kelebihan lampu yang satu ini adalah nyala cahayanya yang lebih terang dan tahan lama tanpa harus menggunakan daya listrik yang tinggi seperti lampu halogen. Untuk normalnya lampu HID memiliki daya sebesar 35 Watt. Sayangnya lampu jenis ini memiliki kekurangan berupa susah saat dilakukan penggantian. Hal ini lantaran harus menggunakan arus listrik berbeda dan perlu adanya ballast untuk menyeimbangkan. Selain itu harga belinya juga cukup mahal.

3. Bohlam Lampu Mobil Tipe LED
Jenis lampu ini awalnya banyak digunakan untuk penerangan ruangan, lampu rem, ataupun untuk lampu penerang plat kendaraan saja. Namun kini tipe lampu mobil ini banyak digunakan sebagai lampu utama mobil berkat teknologinya yang semakin berkembang. Banyak mobil saat ini yang beralih menggunakan lampu LED. Hal ini karena beberapa kelebihan yang dimiliki, seperti intensitas cahayanya yang lebih terang, lebih tahan lama dan membutuhkan daya yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan lampu HID, mudah dalam pengaplikasiannya dan lain-lain. Kekurangan lampu ini adalah lebih cepat panas dibandingkan dengan lampu bohlam biasa. 

Posting Komentar

0 Komentar