Pemain Bola Indonesia yang Pernah dan Sedang Bermain di Luar Negeri

Bola nusantara

Setahun yang lalu, Egy Maulana Vikri menggegerkan jagat sepak bola Indonesia saat memutuskan pindah ke Eropa. Ternyata, Egy bukan pemain bola Indonesia pertama yang pernah berkarier di Indonesia.

Bahkan, hingga saat ini, sudah ada banyak pemain bola Indonesia berusia muda yang mengikuti jejak Egy untuk merumput di Eropa. Sebut saja Firza Andika dan Hambali Tolib. Siapa saja mereka?

Alumni SAD Indonesia
SAD Indonesia adalah proyek yang hampir mirip dengan PSSI Primavera. Bedanya, SAD Indonesia dikirim ke Uruguay dan tak semua alumni SAD bisa bermain apik. Alfin Tuasalamony, Syamsir Alam, Manahati Lestusen, dan Zainal Haq adalah nama-nama alumni SAD yang berkesempatan bermain di Eropa. Mereka bermain di klub Belgia, CS Vise.

Stefano Lilipaly
Stefano Lilipaly sempat bertahun-tahun menetap di Belanda. Klub Belana terakhir yang ia bela adalah SC Cambuur. Jebolan FC Utrecht ini sempat pindah ke Almere City. Persija Jakarta menjadi klub Indonesia pertama yang ia bela. Sebelum akhirnya ia merapat ke Bali United.

Irfan Bachdim
Sama seperti Lilipaly, Irfan juga jebolan dari FC Utrecht. Sempat bermain di Haarlem, Irfan sempat bermain untuk Persema Malang pada tahun 2010. Tiga tahun di Persema, Irfan merantau ke Thailand bersama klub Chonburi FC. Dari Thailand, Irfan menuju ke Jepang dan bermain untuk Ventforet Kofu dan Consadole Sapporo. Dan pada awal tahun 2017, Irfan pulang ke Indonesia dan bermain untuk Bali United.

Ezra Walian
Ezra menjadi salah satu pemain muda yang hingga saat ini masih bermain di Eropa, tepatnya di Almere City FC. Ezra sempat menimba ilmu di AZ Alkmaar dan Jong Ajax  sebelum memutuskan hijrah ke Almere City. Ezra pun telah bermain di timnas Indonesia pada ajang SEA Games 2017 lalu.

Nicholas Pambudi
Nicholas sempat mengikuti seleksi Timnas U-19 namun gagal lolos seleksi. Di tahun 2013, Nicho pindah ke Spanyol dan bergabung dengan akademi sepak bola di Valencia bernama REFA. Setahun berselang, ia hijrah ke Marcet Fundacion, salah satu akademi sepak bola di Barcelona. Kini, Nicho ada di Yunani dan bermain di Aris Thessaloniki yang bermain di kasta kedua.

Alumni PSSI Primavera
Ada tiga nama alumni tim PSSI Primavera yang kariernya berlanjut di Eropa. Yakni Kurniawan Dwi Yulianto, Kurnia Sandy, dan Bima Sakti Tukiman. Kurniawan dan Sandi bermain untuk Sampdoria, sedangkan Bima bermain untuk klub Swedia, Helsinborg IF. Dari ketiga nama di atas, Kurniawan memiliki rekam karier yang lebih mentereng. Mengalami masa pinjaman di FC Luzern, ia menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain dan mencetak gol di kompetisi Eropa. Ketiga pemain ini tak lama merumput di Eropa, karena setahun kemudian mereka kembali ke Indonesia dan bermain di Pelita Jaya.

Firza Andika
Firza Andika menjadi nama kedua setelah Egy Maulana yang merumput di Eropa. Pemain kelahiran Medan ini bergabung bersama klub Belgia, AFC Tubize. Mantan bek sayap kiri Timnas U-19 era Indra Sjafri ini tengah menikmati masa-masa indah di Belgia. Sejauh ini, Firza cukup sukses dan ditempatkan sebagai winger.

Hambali Tolib
Hambali menjadi pemain bola Indonesia terbaru yang bermain di Eropa. Saat ini, pemain Persela Lamongan ini tengah menjalani trial di klub kasta tertinggi Kroasia, Lokomotiva Zagreb. Kabar terbaru, Hambali mencetak satu gol saat Lokomotiva bermain di laga uji coba.

Mau tahu update cepat tentang pemain bola Indonesia dan Liga 1 2019 di genggaman kamu? Buruan install aplikasi bola nusantara. Klik di sini

Posting Komentar

0 Komentar