Jenis Dan Bagian dari Pillow Block Bearings

Pillow block bearings merupakan salah satu alas yang dugunakan dalam mesin produksi di dunia industry. Fungsi utama dari pillow block bearings ini adalah sebagai tumpuan benda yang bergerak berputar atau bertujuan agar sumbu perputaran benda kerja lebih ringan dan aman. Banyak sekali fungsi dari pillow block bearings ini yang membuat produksi menjadi efektif dan efisien.

 Pillow Block Bearings

Diantaranya fungsi pillow block bearing adalah dapat sebagai tumpuan shaft roda yang berputar, tumpuan shaft pulley penggerak V belt drive convenyor, sebagai tumpuan shaft roda gigi gear box yang berputar, sebagai tumpuan shaft sprocket tension chain drive, sebagai tumpuan shaft roll convenyor penghubung yang berputar dan sebagai tumpuan shaft sprocket atau gear drive rantai.

Nah, setelah membahas fungsinya mari kita lihat ada berapa jenis pillow block bearings. Ada 2 jenis pillow block bearings yaitu Pertama, pillow block dengan mengguakan jenis bearing unit uc yaitu tie bearing unit yang menggunakan lock model baut tanam untuk emngunci shaft roll yang masuk ke diameter dalam pillow back. Kedua, menggunakan jenis bearings unit UK  yaitu tipe bearings yang menggunakan lock model adaptor sleeve untuk mengunci shaft roll yang masuk ke diameter dalam pillow block.

Mari kita lanjut membahas apa saja bagian pillow block  ? ada 9 bagian utama dari pillow block bearings memang banyak ya. Diantaranya. 

1. Casing atau body utama
Tentu sebagai body utama ini berfungsi untuk bracket atau bearing unit dan dudukan baut pengikat antara pillow block unit dengan body mesin

2. Casing Bearing 
Berfungsi sebagai rumah ball bearing atau bola bola bearing sekaligus berfungsi sebafai lintasan putaran bola bola bearings saat terjadinya perputaran

3. Cover bearings
Dijadikan sebagia penutup agar ball bearings terlindungi dari kotoran asing yang masuk kelintasan putaran ball bearings sekaligus mempertahankan grease pelumas ball bearing tidak keluar dari ball bearings unit.

4. Ball bearings atau bola bola
Sebagai tumpuan pokok dari benda kerja sekaligus sebagai bagian yang berputar untuk memperingankan beban putar dari benda kerja

5. Bushing bagian dalam
Berfungsi sebagai bushing yangmengikat shaft benda kerja atau tempat menumpu langsung dari benda kerja.

6. Bushing bagian luar
Sebagai bushing yang mengikat e bracket benda lain sebagai dudukan bearing unit di bagian luar.

7. Grease
Berguna untuk pelumas aktif yang berada untuk melunasi perputaran ball bearings tadi agar tidak terjaid keausan pada ball bearings.
8. Baut tanam atau bolt lock berfungsi untuk emngunci shaft roll agar terikat kencang di lubang shaft pillow block.

9. Lubang supply grease
Inilah yang menjadi jalur untuk memauskkan grease baru tadi ke ball bearings agar grease yang lama tergantikan.

Sudah tau jenis dan bagian pillow block bearings ? nah, sekarang Jangan lupa untuk selalu merawat pillow block bearing agar tetap selalu awet dan juga tahan lama. Untuk Cari produk bearing dengan kualitas serta kuantitas tinggi dan harga murah bisa di logam makmur. Toko yang Menyediakan berbagai bearings dan juga pillow block dari berbagai jenis dan ukuran jadi tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan kalian. Tentunya dengan barang yanga asli kualitas tinggi namun dengan harga murah. Jangan lupa untuk kebutuhan industry bisa cari di logam makmur.

Posting Komentar

0 Komentar