PENGERTIAN ROAMING DATA

Roaming Data

Roaming data adalah layanan data lanjutan yang Anda dapatkan ketika Anda keluar dari area jangkauan operator seluler Anda. Dengan kata lain, Anda roaming ketika Anda benar-benar berkeliaran diluar zona tertutup Anda – area di mana operator nirkabel Anda menyediakan layanan data.

Misalnya, Anda dapat terus mengakses internet atau melakukan panggilan saat bepergian secara internasional berkat perjanjian kerja sama antara penyedia seluler Anda dan operator jaringan lainnya.

Roaming data terjadi ketika ponsel Anda tidak terhubung ke jaringan utamanya dan ke jaringan lain untuk memastikan jangkauan suara dan data yang berkelanjutan. Sebagian besar operator memiliki pengaturan roaming di dalam negeri, dan proses melompat ke jaringan lain. Namun, Anda mungkin akan dikenai biaya karena melompat di jaringan roaming di luar negeri.

Pengertian Roaming data,
Jika Anda berada di area di mana ponsel Anda tidak memiliki sinyal, ponsel Anda dapat ‘menjelajah’ untuk mencari jaringan lain untuk dihubungkan. Inilah yang terjadi ketika Anda bepergian ke luar negeri dengan telepon Anda. Roaming data adalah telepon Anda yang terhubung ke internet melalui jaringan yang berbeda dengan yang Anda bayar tagihannya.

Saat berada di luar negeri, jaringan seluler Anda mendapat sedikit beban biaya untuk roaming ke jaringan lain, jadi pastikan Anda tahu berapa yang harus Anda bayarkan sebelum bepergian. Biaya roaming data untuk mengakses internet akan sangat tinggi, dan Anda dapat terkejut melihat tagihan besar tanpa menyadarinya.

Roaming data adalah istilah yang digunakan saat Anda menggunakan data pada jaringan seluler di luar negeri. Anda menggunakan data untuk apa pun yang melibatkan koneksi ke internet, seperti memeriksa email, mengirim tweet, memperbarui Facebook atau menggunakan Google Maps.

Roaming data adalah istilah yang digunakan saat Anda menggunakan data pada jaringan seluler di luar negeri. Anda menggunakan data untuk apa pun yang melibatkan koneksi ke internet, seperti memeriksa email, mengirim tweet, memperbarui Facebook atau menggunakan Google Maps.

Saat menggunakan ponsel di luar negeri, Anda dapat meminimalkan biaya data roaming menggunakan teknik berikut:

Pastikan opsi jelajah data dimatikan dan aktifkan kembali ketika Anda benar-benar membutuhkannya, misalnya saat Anda ingin membaca email Anda.

Matikan semua pengaturan push di aplikasi email atau jejaring sosial Anda
Gunakan hanya jaringan Wi-Fi untuk mengakses internet saat Anda berada di luar negeri, untuk menghindari biaya tamnahan.

Anda biasanya perlu meminta kata sandi Wi-Fi untuk mengakses internet
Jika Anda harus sering menggunakan ponsel saat berada di luar negeri, tanyakan penyedia layanan seluler Anda tentang paket perjalanan atau jelajah yang mereka tawarkan

Menggunakan tips ini akan membuat Anda menikmati waktu luang Anda mengetahui tagihan akhir akan mudah dicerna dan tidak akan berisi tambahan yang tidak terduga.

Roaming domestik biasanya gratis. Sayangnya, roaming internasional sering melibatkan penagihan data biaya roaming yang dapat menjadi sangat mahal.

Anda dapat memicu biaya roaming data dengan beberapa cara: melakukan atau menerima panggilan telepon, mengirim atau menerima pesan teks, dan / atau mengunduh atau mengunggah apa pun (mis., Membaca email, melihat halaman web, streaming video, menyimpan gambar).

Kegiatan berikut dapat mengakibatkan biaya roaming data:

Anda membuat panggilan telepon internasional.
Seorang teman memanggil Anda. Bahkan, Anda bahkan tidak perlu menjawab panggilan yang dikenakan biaya untuk itu. Jika perangkat Anda aktif dan panggilan masuk ke voicemail, itu akan dibebankan sebagai panggilan masuk roaming internasional.
Anda mengirim pesan teks atau pesan multimedia saat berada di luar negeri.
Anda menerima pesan teks atau pesan multimedia saat berada di luar negeri.
Jika perangkat mati atau dalam mode pesawat (dan dengan demikian jaringan nirkabel mati), dan panggilan masuk ke pesan suara, Anda tidak akan dikenakan biaya. Namun, pesan Voicemail Visual saat roaming akan dikenakan tarif roaming.

Jika ingin tetap mengaktifkan layanan roaming sebaiknya aktifkan sebelum pergi ke negara tujuan. Jangan lupa aktifkan paket roaming dengan mengunjungi website smartfren agar tetap hemat.

Posting Komentar

0 Komentar