Penemuan Teknologi Terbaru untuk Pemasangan Panel Surya Lebih Murah

Pasang Panel Surya Murah

Bicara soal panel surya, pasti satu hal yang terbesit dipikiran Anda adalah biaya pemasangan yang mahal. Wajar saja, teknologi ini membutuhkan keakuratan dan komponen yang tepat dengan kebutuhan listrik Anda. Secara umum, biaya pemasangan solar panel tergantung dari kilowatt yang dibutuhkan. Meski dari segi harga cukup mahal, namun manfaat yang diperoleh sangat sebanding. Bahkan, usia pakai solar panel cukup panjang, sekitar 25 tahun. Jika ada cara lain menghemat anggaran listrik perusahaan Anda, mengapa tidak dicoba bukan?

Saat ini, pemasangan solar panel di Indonesia tengah difokuskan untuk perusahaan dengan kebutuhan energi listrik skala besar, seperti bangunan komersial, mall, rumah sakit, dan perkantoran. Untuk lebih jelasnya terkait mekanisme kerja Sewatama, sila baca https://sewatama.com/begini-solar-panel-menghasilkan-listrik/.

PT Sumberdaya Sewatama adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pemasangan solar panel berpengalaman. Sudah banyak klien yang telah bekerja sama dengan Sewatama seperti gedung-gedung komersial bahkan sejumlah perumahan.

Menariknya lagi, sudah ada penemuan-penemuan baru yang membuat biaya pemasangan panel surya jauh lebih murah. Salah satunya, Tesla, sebuah perusahaan dibawah kendali Elon Musk yang mengembangkan sel surya sekaligus atap rumah dengan harga terjangkau. Jadi, Anda bisa lebih menghemat biaya pemasangan tanpa atap rumah.

Satu lagi, tim dari Pusat Pengetahuan dan Inovasi SPECIFIC Universitas Swansea telah melaporkan penggunaan metode fabrikasi roll to roll untuk empat lapis PSC. Output dari PSC cukup stabil yaitu sekitar 12.2%. Nah, adanya empat lapis roll to roll PSC menghasilkan efisiensi tertinggi hingga saat ini. Bahkan, efisiensi tersebut hampir serupa dengan Silikon Photovoltaics (PV). 

Walaupun efisiensi hampir sama, namun produksi PSCs jauh lebih hemat daripada PV. Hal ini karena PV membutuhkan suhu dan pengendapan vakum yang tinggi. Berbeda dengan PSCs yang memerlukan suhu lebih rendah. Proses tersebut memungkinkan pula untuk menggunakan substrat plastik untuk pembuatan sel surya yang fleksibel. Kedua alasan itulah yang membuat pemasangan teknologi solar panel dengan PSCs lebih terjangkau. Nah, masih ragu menggunakan panel surya?

Posting Komentar

0 Komentar