6 Cara Cermat Meningkatkan Kreativitas Anak yang Perlu Bunda Terapkan!

Sumber: pinterest.com

Kreativitas termasuk potensi anak yang harus dikembangkan dari sejak dini. Pasalnya, kreativitas bisa mempengaruhi perkembangan aspek anak. Selain itu, kreativitas berpengaruh terhadap kecerdasan serta kelancarannya dalam berpikir. Semua itu tentunya dapat menjadi modal anak menuju kesuksesan di masa mendatang. Setiap anak memiliki minat dan kreativitas yang berbeda-beda. So, jangan memaksa anak untuk melakukan sesuatu yang bukan keinginan dan ahlinya ya, Bun. 

Di artikel ini, kami mempunyai beberapa cara cermat untuk mengasah kreativitas anak yang bisa Bunda terapkan kepada buah hati. 


1. Sediakan Tempat Khusus buat Anak Berkreasi

 
Tempat Anak Berkreatifitas
Sumber: pinterest.com

Menyediakan tempat khusus dapat dilakukan berbagai cara, misalnya kalau si kecil suka melukis, kamu bisa memberikan kertas gambar dan crayon untuknya, atau menempelkan sebuah kertas di tembok agar dia lebih bebas berekspresi. Kamu juga bisa menyediakan meja khusus buat anak berkreasi dan menyiapkan wadah untuk menyimpan hasil karyanya. Ini akan membantu anak menemukan ide dan mengerjakan keinginannya di tempat khusus yang sudah disediakan.

2. Kenalkan Minat Bunda pada Anak

 
Kenalkan Minat
Sumber: pinterest.com

Mungkin Bunda suka melukis atau memasak, menari atau mungkin hobi main alat musik tiup. Nah, bunda bisa memberikan anak kesempatan untuk melihat hal yang kamu sukai. Berilah penjelasan kenapa kamu menikmati melakukan hal tersebut. Mungkin saja anak juga punya minat yang sama seperti Bunda. Kalau anak tertarik, kamu bisa melakukannya bersama-samadi kemudian hari.

3. Berikan Kebebasan Anak dalam Memilih Minatnya

 
Kebebasan Anak
Sumber: pinterest.com

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kreativitas anak, yakni dengan memberikannya kebebasan untuk mengeksplorasi serta memilih kegiatan yang ia gemari. Jangan paksa anak untuk melakukan sesuatu yang bukan minatnya. Kamu bisa mengajak anak berdiskusi tentang hal yang diminatinya dan bikin konsep kegiatan yang mengasyikan. Selain meningkatkan kreativitas anak, ini juga sangat bagus buat sarana bonding antara Bunda dan anak.

4. Batasi Anak Menggunakan Gadget

 
Batasi Gadget Anak
Sumber: pinterest.com


Mungkin hal ini sulit diterapkan di zaman sekarang. Namun, menunda memperkenalkan gadget kepada anak akan mendorong si kecil untuk berinteraksi lebih luas dengan lingkungannya. Membiarkan anak terus-terusan main gadget bisa menghambatnya dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Namun, gadget gak selalu buruk, ada berbagai macam permainan dan video menarik yang baik untuk mendorong kreativitas anak. Hanya saja, perlu diingat buat tetap memberikannya batasan ya, Bun.

5. Berikan Anak Pengalaman Baru

 
Pengalaman Baru Buat Anak
Sumber: pinterest.com

Ajaklah anak untuk pergi ke tempat-tempat yang belum pernah ia jumpai seperti kebun binatang, museum, peternakan, perkebunan, pasar tradisional, taman rekreasi dan sawah. Dengan mengunjungi tempat baru seperti ini, anak bakal melihat, mendengar, menyentuh, hingga merasakan hal yang baru yang bakal memperkaya pengalamannya. Ini juga bisa menjadi modal anak untuk melakukan hal yang lebih kreatif.

6. Bimbing Anak Melakukan Hal yang Ia Sukai

 
Bimbing Anak
Sumber: pinterest.com

Saat anak mulai menyukai sesuatu, biasanya mereka akan banyak bertanya dan penasaran tentang hal tersebut. Contohnya, anak gemar main lego, kamu bisa membuatnya jadi lebih kreatif dengan melihat info mengenai mainan itu lewat internet atau ikut bergabung ke klub anak yang punya minat sama. Jika anak gemar melukis, kamu bisa mengajaknya pergi ke pameran lukisan. Ini akan memperluas wawasannya mengenai hal yang ia minati.

Setiap anak tentunya punya bakat dan kemampuan yang berbeda-beda. Jadi, Bunda jangan membanding-bandingkan minat buah hati dengan temannya. Cukup dukung kreativitasnya agar ia terus termotivasi untuk melakukannya ya, Bun.

Posting Komentar

0 Komentar