Manfaat Dari Suplemen Vitamin C

 

Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin esensial dimana tidak dapat diproduksi dari tubuh kita sendiri. Vitamin C dapat ditemukan pada kandungan buah maupun sayuran. Apabila kebutuhan vitamin C tidak tercukupi dapat mengkonsumsi suplemen seperti Blackmores Vitamin C.

Mengkonsumsi suplemen dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Biasanya kebutuhan harian dalam mengkonsumsi suplemen vitamin C untuk wanita direkomendasikan sebanyak 75 mg dan untuk pria sendiri yaitu 90 mg. Suplemen vitamin C terdapat banyak varian dan juga dengan mudah ditemukan di berbagai apotik. Manfaat dari suplemen bagi kesehatan yaitu:

1. Mengurangi risiko pada beberapa penyakit kronis

Kandungan dari antioksidan yang terdapat pada vitamin C berperan dalam memperkuat pertahanan tubuh dalam mencegah penyakit. Antioksidan juga dapat melindungi sel pada tubuh dari berbagai molekul berbahaya yaitu radikal bebas.

Saat radikal bebas tersebut menumpuk, maka akan menyebabkan stres oksidatif dimana menimbulkan beberapa penyakit kronis contohnya seperti kanker, stroke maupun penyakit jantung. Mengkonsumsi vitamin C juga dapat meningkatkan  kadar antioksidan yang membantu agar terhindar dari beberapa resiko tersebut.

2. Meningkatkan kekebalan pada tubuh

Sudah menjadi hal yang diketahui banyak orang bahwa vitamin C dipercaya dapat membantu kita dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut mempunyai alasannya, dimana vitamin C memiliki peranan dalam membantu tubuh mendorong produksi pada sel darah putih agar dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Vitamin C juga dapat membantu sel dari darah putih agar dapat berfungsi dengan lebih efektif lagi serta dapat terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C juga dapat mempersingkat waktu pada proses penyembuhan luka.

3. Dapat melindungi kemampuan berpikir serta daya ingat

Rendahnya kadar dari vitamin C juga sering kali dikaitkan oleh gangguan mengingat dan kemampuan dalam berpikir. Beberapa penelitian juga menyebutkan jika orang yang terkena penyakit demensia sering kali terdapat pada orang yang mempunyai kadar vitamin C rendah. Asupan yang tinggi juga terbukti dapat memberikan perlindungan pada daya ingat serta kemampuan untuk berpikir.

4. Mencegah kekurangan konsumsi zat besi

Zat besi mempunyai banyak fungsi yang penting untuk tubuh, salah satunya yaitu mengangkut oksigen serta memproduksi sel darah merah. Suplemen vitamin C seperti Blackmores Vitamin C juga dipercaya juga dapat meningkatkan penyerapan untuk zat besi agar terhindar dari kekurangan zat besi.

Mengkonsumsi sebanyak 100 mg vitamin C dapat meningkatkan proses pada penyerapan zat besi sebanyak 67% dimana hal tersebut dapat membantu dalam mengurangi resiko terkena anemia untuk orang-orang yang kekurangan zat besi.

Apabila kebutuhan vitamin C tersebut kurang maka akan menimbulkan beberapa masalah seperti, mudah lelah dan marah, lebih sering sakit, luka akan sulit sembuh, kulit kasar, kulit kering, kulit berwarna merah, rambut kering dan mudah rontok, kulit akan mudah memar hingga terkena sariawan dan juga gusi berdarah.

Selain daripada itu vitamin C juga memiliki peranan yang dapat mengendalikan tekanan darah, menurunkan kolesterol, hingga mencegah asam urat. Hal tersebut tentu saja dapat dirasakan jika mengkonsumsi vitamin C dengan cukup, dengan cara memakan buah dan sayuran maupun suplemen seperti Blackmores Vitamin C.


Posting Komentar

0 Komentar